Showing posts with label Resep Mantap. Show all posts
Showing posts with label Resep Mantap. Show all posts

Sunday, February 3, 2013

Donat Kentang Enak



Cara Membuat Donat Kentang Enak

berikut ini adalah resep dan cara membuat donat kentang.
Cara Membuat Donat Kentang dan Resep Donat Kentang

Resep Donat Kentang

Bahan Donat Kentang :
500 g tepung terigu protein tinggi
50 g susu bubuk fullcream
1 bungkus (11 g) ragi instant
250 g kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 g gula halus
75 g mentega
½ sdt garam
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
Pelengkap:
gula donat (gula bubuk khusus untuk donat)
cokelat leleh

Cara Membuat Donat Kentang

Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan ragi instant, menjadi satu. Kemudian aduk rata.
Masukkan kentang halus aduk sampai rata.
Masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
Tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit.
Bagilah adonan menjadi 12 buah, bentuk adonan menjadi bulat. Diamkan selama 20 menit, sampai terlihat mengembang.
Lubangi bagian tengah donat dengan dua jari telunjuk.
Masukkan minyak banyak kemudian panaskan. Goreng donat yang sudah dilubangi tadi dengan api sedang sampai kuning keemasan.
Angkat, kemudian tiriskan.
Taburkan gula donat, atau hias dengan coklat sebagai pemanis.

Resep Nasi Kucing

Resep Nasi Kucing

Awalnya begitu mendengar ada orang yang jualan nasi kucing, langsung teringat dengan kebiasaan waktu masih senang piara kucing,,sepiring nasi yang di aduk dengan ikan untuk memberi makan si meoong..opss ternyata bukan!
Begitu melihat ramainya pengunjung, jadi penasaran pingin ikutan ngantri,,,
usut punya usut akhirnya dapet juga resepnya,hehehe. penasaran juga pingin nyoba nasi kucing ??


nasi kucing lezat 300x225 Resep Nasi Kucing


Nih resep membuat nasi kucingnya, selamat mencoba.
Bahan membuat nasi kucing dibutuhkan :
  • Nasi hangat 1 bakul
  • Daun pisang
  • Karet Gelang
Untuk membuat lauknya :
1. Mie goreng :
- mie 10 grm
- kecap 1 sdm
- bawang putih 1 sung , cincang
- merica 1/4 sdt
- bawang merah 2 siung, cincang
- minyak 1 sdm
- garam.1/4 sdt
- air 1/4 cup
Cara membuat nasi kucing:
  • Panaskan dahulu minyak goreng, masukkan bawang merah, bawang putih, tumis, tambahakan air dan masukkan mie
  • Tambahkan kecap, garam, merica,dan mie aduk-aduk sampe matang.
2. Tempe oseng :
- tempe 20 grm, iris tipis dan kecil.
- kecap 1 sdm
- bawang putih 1 buah, cincang
- bawng merah 2 buah, cincang
- garam1/2 sdt
- gula 1 sdt
- cabai cincang 2 buah
- minyak
Cara membuat tempe osengnya :
  • Panaskan minyak , masukkan bawang, tempe dan tumis sebentar
  • Masukkan kecap, dan bumbu lain.
3. Sambel teri
  • ikan teri 10 grm
  • sambal terasi
Cara membuat sambel teri :
  • Goreng teri sampai kering lalu masukan sambel terasinya dan diaduk sampai merata.
Nah,,ini bagian intinya cara membuat nasi kucing,,,,
  • Ambil bungkus daun pisang
  • Ambil 1/2 centong nasi
  • Beri lauk no 1, 2 atau 3
  • Bungkus nasi sampai habis. dan ikat dengan karet gelang.
Nasi goreng kucing siap di santap,,,siiip
sumber : google.com

Membuat Nasi Goreng Sederhana Mudah Enak

RESEP MEMBUAT NASI GORENG SEDERHANA

Resep Membuat Nasi Goreng Sederhana Mudah Enak
Nasi Goreng
Resep Membuat Nasi Goreng Sederhana Mudah Enak - Nasi goreng adalah salah satu jenis olahan masakan yang sangat mudah dibuat, cepat, sederhana, dan praktis. Resep nasi ini juga sangat disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan spesial. Walaupun sekarang ini banyak sekali penjual nasi goreng, bahkan ada yang berkeliling, nggak ada salahnya kita membuat resep nasi goreng sendiri dirumah. Seperti judul yang saya tulis, Resep Membuat Nasi Goreng Sederhana Mudah Enak ini sangat sederhana dan simpel. Cara membuat nasi goreng ini mudah diikuti, sehingga sobat onliners tidak perlu merasa kesusahan untuk dapat memasak nasi goreng yang enak, dan lezat.
Nasi Goreng Sederhana Mudah Enak
Bahan nasi goreng :
250 gram Nasi putih, jangan menggunakan nasi yang terlalu pulen.
1 butir Telur ayam, kocok lepas.
Minyak sayur secukupnya, untuk menumis
Bumbu 1 :
30 gr Bawang Bombay, cincang kasar
1 siung Bawang putih, cincang halus
1 btr Bawang merah, iris tipis
2 buah Cabe merah besar, iris tipis
1 sdm Daun bawang, iris tipis
Bumbu 2 :
1 sdm Kecap asin
2 sdm kecap manis
1 bungkus kaldu sapi atau ayam
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana :
1. Panaskan minyak ,tumis bawang putih, bawang bombay dan bawang merah hingga harum.
2. Masukkan telur kocok, orak-arik hingga telur setengah matang lalu tambahkan sisa bumbu 1, aduk rata.
3. Masukkan nasi, kemudian aduk sampai tercampur rata.
4. Tambahkan bumbu 2 lalu aduk lagi sampai nasi dan semua bumbu tercampur rata.
5. Masak sampai matang lalu sajikan selagi hangat.
Tips Menyajikan Nasi Goreng :
1. Nasi goreng akan bertambah lezat dan nikmat disajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya.
2. Sobat Onliners bisa menambahkan acar mentimun dan cabe rawit jika suka.
3. Tambahkan kerupuk udang, emping melinjo atau kerupuk lainnya sesuai selera jika suka.
4. Sobat Onliners bisa juga menambahkan bakso, sosis atau suwiran daging ayam dalam pengolahan nasi goreng jika suka.
 
sumber : http://tempatonlineku.blogspot.com

Resep Martabak Telor

Resep cara membuat martabak telor mudah dan murah

 

 



 



Bahan kulit martabak:

- 1 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung kanji/tepung maizena
- garam secukupnya
- Putih telor
- air secukupnya

Campur semua bahan di atas sampai larut. Kalo ditanya berapa ml air yang dipake aku juga nggak tau persisnya. Aku sih biasanya pake kira-kira ajah kalo mo masak. Tambahkan aer sampe campuran encer, persis kaya mo bikin kulit dadar gulung ato kulit lumpia. 


Daripada pake air, aku prefer pake air kaldu daging / ayam, kalo pas ada sih. Bagian telor yang dipake untuk kulit cuman yang putih telornya ajah, ntar sisa kuning telornya dimasukin ke campuran isi martabak ajah. Tapi gak ada larangan juga sih kalo kalian mo masukin kuning telor di kulitnya. Cuman kemaren aku pernah coba masukin kuning telor, rasanya nggak lebih enak daripada cuman pake putih telor. So aku prefer pake putih telornya ajah buat kulitnya.

* Oh iyah, resep ini buat 1 kali resep martabak guys, aku pake pan teflon kira2 diameter 20cm. 

Bahan isi martabak:
- Daun bawang / bawang prei
- Daging sapi / daging ayam, boleh dicincang halus atau dipotong2 kecil-kecil banget
- Garam secukupnya
- Telor 1

Temen-temen bisa tambahin isi martabak sesuka hati. Kalian bisa tambahkan bawang kalo emang suka bawang, pake daging yang banyak juga bisa, pake telor berapa pun juga terserah kalian. Bahan-bahan di atas dicampur smua sebelum dimasak.

Cara Memasak Martabak Telor:


- Tuangkan adonan kulit martabak ke wajan teflon yang uda diolesin margarin sebelumnya, lalu ratakan hingga seluruh permukaan teflon tertutup adonan. Pastika kulitnya ituh nggak bolong-bolong. See guys, caranya persis kaya bikin kulit dadar gulung biasa. Wajan teflon perlu dikasi margarin because aku kuatir ntar kulit martabaknya lengket-lengket pas mo dilipat-lipat.
- Setelah dirasa kulitnya lumayan matang (jangan nunggu gosong, perhatikan kalo sisi-sisi terluar kulitnya mulai mengelupas dari wajan), masukkan campuran isi martabak. Atur sedemikian rupa hingga pas di tengah kulit.
- Lipat-lipat 4 sisi kulit martabak menjadi bentuk persegi (seperti gambar). Kemudian tambahkan minyak goreng sedikit untuk menggoreng martabak telor. Balik-balikkan martabak hingga matang.


Selamat mecoba ^^
sumber : google.com

Pempek Palembang

Resep Pempek Palembang

empek-empek Hampir semua orang menyukai makanan khas daerah Palembang ini. Rasa gurih ikan tenggiri berpadu dengan kuah asam manis pedas atau biasanya disebut sebagai cuko pada pempek palembang ini sangat cocok di lidah orang Indonesia. Kali ini saya coba sajikan resep cara membuat empek empek enak.


Bahan :
-500 gr ikan tenggiri atau ikan gabus
-200 gr tepung sagu (bisa diganti dengan tepung tapioka)
-1 sdm tepung terigu
-garam dan penyedap secukupnya
-air es secukupnya( sekitar 10 sdm), kira-kira ketika adonan diuleni tidak lengket di tangan
 
Bahan cuko/ kuah pempek :
-2 sdm ebi
-4 siung bawang putih
-7 buah cabai rawit (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
-500 gr gula merah
-2 sdm asam jawa
-2 sdm cuka putih
-Garam secukupnya
-4 gelas air (sekitar 1 liter)

Cara membuat pempek palembang

1.Pisahkan daging ikan dari tulang dan kulitnya, kemudian haluskan dengan pirikan atau blender atau bisa juga dengan penggiling daging.
2.Campur ikan yang sudah dihaluskan bersama garam, penyedap, dan air es.
3.Kemudian tambahkan tepung sagu dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tidak lengket di tangan.
4.Jangan lupa sesekali dicicipi agar rasanya pas.
5.Bentuk sesuai dengan jenisnya. Untuk jenis lenjer pulung 2 sdm adonan kemudian bentuk bulat panjang. Untuk kapal selam bentuk bulat, pipihkan kemudian isi dengan telur, rapatkan kembali di kedua ujungnya membentuk pempek kapal selam.
6.Masak 2 liter air hingga mendidih, kemudian masukkan pempek dan masak hingga mengapung. Jika sudah mengapung, angkat lalu tiriskan. Goreng pempek ketika akan menyantapnya.
Cara membuat saus pempek atau cuko
1.Haluskan ebi, bawang putih dan cabai rawit. Kemudian masak bersama gula merah, garam, asam jawa, cuka dan air hingga mendidih.
2.Jika sudah matang dinginkan kemudian saring.
Hidangkan pempek bersama cuko dan timun yang sudah dipotong-potong

sumber : google.com

Resep Gado-gado

Resep Masakan Enak Ciri Khas Indonesia : Resep Gado-Gado Siram


Resep Masakan Ciri Khas Indonesia : Resep gado gado isram Gado Gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng dan sedikit emping goreng juga kerupuk ada juga yang memakai kerupuk udang. Gado-Gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih.


Bahan Untuk Gado Gado:
  • Kangkung
  • Kentang
  • Kacang panjang/Buncis
  • Kol
  • Tauge
  • Wortel
  • Telur
  • Timun (tidak usah direbus)
  • Emping melinjo
  • Krupuk
Bumbu Siram Gado Gado:
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • 200ml air
  • 400ml santan
Bumbu yang dihaluskan:
  • 250gr kacang tanah (goreng/roasted)
  • 4 siung bawang merah (1 buah bawang bombay)
  • 2 siung bawang putih
  • 150gr gula Jawa (palm sugar)
  • 3sdm kecap manis
  • garam
  • gula
Cara Membuat Gado Gado Siram:
  1. Semua sayuran dan telur direbus matang.
  2. Bumbu dihaluskan dan ditumis dengan sedikit minyak sampai harum, ditambahkan daun jeruk dan serai lalu air dimasukkan dan terakhir santan.
  3. sayuran yang sudah matang ditata di atas piring dan ditambahkan potongan telur, krupuk dan emping, lalu disirami bumbu.
sumber : google.com

Rujak Karedok

RESEP KAREDOK


Di daerah Jawa Barat, ada yang namanya Karedok, hampir mirip dengan pecel. Bahan-bahan karedok ini semua masih mentah, masih fresh dan tentu saja kandungan gizinya masih lengkap karena tak melalui proses pemanasan/pemasakan. Berikut ini kami sajikan Resep Karedok :

Bahan Karedok :

  • 1 ikat kacang panjang muda, potong 1/2 cm
  • 2 lembar daun kol, iris halus
  • 4 lembar daun selada
  • 4 buah terong bulat, belah 8
  • 1 buah bengkuang, potong 1/2 cm
  • 1 buah ketimun, belah, potong 1/2 cm
  • 100 gram taoge
  • 50 gram leunca
  • 25 gram daun kemangi


Sambal Kacang Karedok :

  • 200 gram kacang tanah goreng
  • 100 gram oncom, sangrai (optional)
  • 5 buah cabai rawit/sesuai selera
  • 2 buah cabai merah
  • 2 sendok teh kencur cincang
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1 sendok teh cuka
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah
  • air matang secukupnya


Pelengkap :

  • emping goreng/kerupuk
  • bawang merah goreng
  • jeruk nipis


Cara Membuat Karedok :

  1. Haluskan semua bahan sambal kacang.
  2. Campur semua bahan sayur mentah dengan sambal kacang, aduk rata.
  3. Hidangkan dengan taburan emping goreng, bawang merah goreng dan jeruk nipis.


Selamat Mencoba.

Tempe Mendoan

Resep Untuk Membuat Tempe Mendoan

Resep Untuk Membuat Tempe Mendoan ---Berikut ini adalah Resep Untuk Membuat Tempe Mendoan yang bisa kamu coba untuk melengkapi hidangan lauk pauk berbahan dasar tempe. Inilah resepnya:

Tempe Mendoan

 
Bahan Tempe Mendoan

  • 500 gram tempe mendoan
  • 200 gram tepung terigu
  • 350 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 liter minyak sayur untuk menggoreng
Bumbu Halus Tempe Mendoan
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur
Cara Membuat Tempe Mendoan
  1. Campur tepung terigu dengan bumbu halus, air, garam, dan daun bawang, aduk rata.
  2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  3. Masukkan tempe ke dalam adonan tepung. Goreng tempe hingga bewarna kekuningan pada kedua sisihnya.
  4. Angkat, tiriskan, dan sajikan hangat.