Showing posts with label NGETREN. Show all posts
Showing posts with label NGETREN. Show all posts

Friday, February 5, 2016

Ini Dia Istilah Ngetren Pilihan Yang Perlu Kamu Ketahui

istilah ngetren
Dari tahun ke tahun, banyak netizen di dunia maya baik social media, forum, atau situs-situs yang memungkinkan dua pihak saling berkomunikasi menggunakan istilah-istilah yang mungkin bagi sebagian orang terasa aneh dan tidak biasa.

Ambil contoh pada tahun 2012 kemarin muncul istilah baru “cingcong lu coeg” yang dihembus-hembuskan oleh anak-anak Meme Comic Indonesia. Bagi anda yang tidak pernah mendengar ini pastinya akan merasa heran dengan maksud istilah tersebut.

Nah, di tahun ini, tentunya banyak sekali istilah-istilah baru yang mulai menjadi populer dan ngetren digunakan oleh banyak netizen. Kami mencoba untuk memilah-milih istilah yang bagus, tepat, dan ngetren sesuai dengan judul yang sudah saya paparkan.

Ah, daripada berpanjang lebar, langsung saja simak beberapa daftar istilah ngetren pilihan dibawah ini yang sudah kami urutkan dari abjad A – Z.
  • Ambigu

    Berasal dari Bahasa Inggris, ‘ambiguous’ yang berarti bingung, meragukan, dan tidak jelas.
  • Awesome

    Awesome adalah kosa kata yang berarti bagus atau keren.
  • Baper

    Anda pasti sudah kenal dekat dengan istilah gaul ini mengingat sudah sangat meluas penggunaannya oleh netizen. Baper adalah singkatan dari bawa perasaan.
  • Begal

    Istilah ini bermakna kurang lumrah, tapi apa boleh buat karena istilah ini juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Begal adalah peristiwa merampok, merampas, dan mengambil barang secara paksa di jalanan.
  • Coeg

    Berawal pada tahun 2012, ketika ada sebuah akun Facebook bernama “Udin Gambut Brotherhood Buronan Cabe Cabean” mencari sensasi di dunia maya dengan status-status aneh bin alay-nya. Di setiap akhir statusnya selalu diiumbuhi dengan kata “coeg” yang maksudnya adalah “bro” atau “men”, dan sebagainya. Tapi kata “coeg” ini diyakini terbentuk berasal dari kata “cuk” yang bermakna sama seperti yang sudah dijelaskan tadi khas Jawa Timur-an.
  • Comel

    Dalam KBBI, comel berarti kecil manis, mungil, dan cantik. Tepat sekali digunakan untuk memanggil anak perempuan kecil yang imut.
  • Dafuq
    Berasal dari dua kata, “The F*ck” yang berarti “apa!?” dengan nada kaget. Tapi penggunaan kata ‘dafuq’ ini digunakan tanpa adanya rasa ofensif atau penyerangan.
  • Ekspektasi
    Sebenarnya istilah ini berasal dari kata ‘expectation’ dalam bahasa Inggris yang berarti harapan atau keinginan.
  • Frontal

    Frontal artinya adalah blak-blakan atau transparan, tidak ditutup-tutupi melainkan apa adanya.
  • Gabut

    Istilah ini lumayan populer belakangan ini. Ringkas saja, artinya bosan atau tidak ada kerjaan. Selengkapnya di istilah gabut lebih detil.
  • Galau

    Istilah ini ngetren sekali di tahun 2013. Mungkin kita lebih mengenal istilah ini yang berarti sedih, murung, atau gelisah. Tapi sesungguhnya kata ‘galau’ berarti keramaian. Jadi ternyata selama ini kita mengartikannya salah kaprah, ya?
  • Intervensi

    Istilah ini bermakna mencampuri suatu masalah atau perselisihan.
  • Julit

    Julit sering diucapkan untuk menyebut orang yang memiliki sifat childish atau kekanak-kanakan, baik karena suka caper (cari perhatian) atau membaut orang sebal.
  • Kepo

    Istilah ini juga pernah sekali populer, khususnya di tahun 2013-2014. Arti dari kepo adalah rasa ingin tahu berlebih, tapi biasanya tidak penting.
  • Kimcil

    Untuk istilah ini singkat saja, inti pengertiannya adalah perempuan ABG yang berperilaku sok imut, centil, dan kemayu. Banyak yang mencoba menafsirkan arti epistemologis kimcil itu sendiri. Ada juga yang mengatakan bahwa itu sebenarnya singkatan.
  • Mainstream

    Istilah ini tidak dapat anda temukan di KBBI, tapi jika anda mengartikan kata tersebut dengan cara memecahnya secara filologis, dapat diperoleh komposisi kata “main” dan “stream”. Anda dapat mengartikan bahwa mainstream berarti sungai yang umum atau pokok, jika disederhanakan lagi akan berarti “keumuman” atau “kelumrahan”. Sehingga, dibalik istilah ini juga muncul istilah anti-mainstream, yang berarti “tidak umum”.
  • Melting

    Melting secara harfiah bermakna ‘meleleh’. Sering digunakan saat anda merasa terjerat dalam senang sehingga anda merasa seperti meleleh.
  • Milad

    Milad berarti waktu atau hari kelahiran.
  • Modus

    Modus berarti cara untuk mencapai maksud tertentu. Biasanya dikaitkan dengan tujuan buruk misalnya modus mengantarkan cewek pulang agar mau menjadi pacarnya, modus meminta bantuan agar bisa dekat-dekat dengan si doi, dan lain sebagainya.
  • Move On

    Istilah ini juga tak kalah ngetrennya. Move on dalam bahasa inggris berarti terus bergerak atau meninggalkan masa lalu. Sering diungkapkan setelah diputus oleh kekasih agar ‘move on’, maksudnya adalah agar meninggalkan masa lalunya dan mencari kehidupan baru lagi.
  • Naif

    Anda dapat menemukan arti istilah ini di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Makna dari istilah ini adalah “bodoh”, “celaka”, “miris”, atau “tidak masuk akal”.
  • Paradoks

    Paradoks adalah pernyataan yang tampaknya benar tapi ternyata salah, ataupun sebaliknya. Contohnya anda menganggap saya orang baik, tapi kenyataannya saya adalah orang yang buruk.
  • Stalking

    Stalking adalah aktivitas secara sembunyi-sembunyi memerhatikan atau mengintip akun profil seseorang. Misalnya anda naksir dengan mbak A, kemudian anda melihat-lihat profilnya di Facebook untuk mengetahui lebih lanjut tentang dirinya. Itulah yang dinamakan dengan stalking.
  • Verifikasi

    Verifikasi adalah istilah yang berarti memeriksa kebenaran suatu perihal.
  • Waifu

    Ini adalah istilah yang marak dan populer di kalangan pecinta anime. Asal-usul kata waifu berasal dari istilah wifedalam bahasa inggris yang dibaca dengan pelafalan Bahasa Jepang sehingga menghasilkan kata tersebut. Waifu kerap digunakan untuk menyebut istri khayalan tapi dalam bentuk 2D oleh kalangan netizen. Entah apa motifnya memilih istri khayalan, atau mungkin lantaran tidak punya pacar ya?
Masih terdapat banyak sekali istilah yang ngetren namun tidak dapat kami telisik lebih lanjut karena kami memang sengaja memilih beberapa saja. Jika diteruskan hingga istilah yang lain, maka daftar istilah ini bisa panjang sekali. Untuk sementara ini dulu. Terimakasih banyak!

Tuesday, January 26, 2016

Kumpulan Istilah Ngetren Dari Tahun ke Tahun

Kumpulan Istilah Ngetren Dari Tahun ke Tahun
(mixed with static.guim.co.uk)
Zaman terus bergulir dari waktu ke waktu, hingga muncullah sesuatu yang baru. Seperti halnya dalam berbahasa. Begitulah bahasa, sifatnya berkembang dari zaman ke zaman. Tahun 2016, mungkin sedang ngetren bahasa gaul seperti gabut, baper, hacep, dan sebagainya.

Pernahkah terpikirkan oleh anda bagaimana istilah ngetren jaman dulu pada sekitar tahun 90-an hingga sekarang? Pastinya berbeda dong dengan istilah gaul sekarang.

Di setiap wilayah, komunitas, atau negara pasti ada bahasa ngetrennya. Tak terkecuali juga di Indonesia. Langsung saja simak beberapa istilah ngetren dari tahun ke tahun berikut ini:

Istilah Tahun 90-an

  • ABG

    Singkatan dari “Anak Baru Gede” atau anak yang baru beranjak dewasa kisaran antara umur 15 hingga 20 tahunan. Hingga saat ini istilah tersebut masih sering digunakan.
  • Au Ah Gelap

    Berasal dari kalimat, “Tau ah, gelap” yang berarti tidak peduli atau tidak mau tahu.
    Misal:
    A: “Ayo dong. Mumpung dia lagi single, siapa tau bisa balikan lagi.” (sambil senyum meledek)
    B: “Au ah gelap!” (sambil menggerutu)
  • Bapet

    Merupakan singkatan dari frasa ‘babi ngepet’. Biasanya istilah ini digunakan untuk mengejek seseorang.
    Misal:
    Bapet nih anak. Sukanya cari masalah mulu.”
  • Bokin

    Istilah bahasa prokem untuk istri. Seperti halnya kata ‘bokap’ untuk ‘bapak’, termasuk ‘bokin’ untuk menyebut istri atau bini.
    Misal:
    “Aku nggak bisa pergi sekarang bro. Suruh nemenin bokin.”
  • Cipet

    Istilah lain untuk kata copet (maling).
  • EGP

    Merupakan singkatan dari kalimat “Emang Gue Pikirin” yang berarti tidak peduli. Hati-hati ketika menggunakan kata “EGP” karena biasanya dikatakan dengan nada agak tinggi dan bisa menyakiti.
    Misal:
    A: “Eh, tadi gue ketemu mantan lu.”
    B: “EGP!” (Dengan pasang muka sungut)
  • Ember

    Jaman dulu, kata ini berarti ‘memang’. Tapi sekarng maknanya sudah berubah digunakan untuk menyebut orang yang tidak bisa jaga rahasia.
  • Hebring

    Istilah lain untuk kata ‘keren’ tapi dengan dilebih-lebihkan.
    Misal:
    “Wah sekarang udah keren nih. Motornya baru. Hebring!”
  • Kompas

    Kompas disini berarti palak atau pemerasan. Pada saat itu di tahun 90-an anak-anak sekolah takut pulang sendirian karena takut dikompas oleh preman.
    Contoh:
    A: “Gue takut pulang sendiri bro.”
    B: “Kenapa? Ah cemen lu.”
    C: “Takut dikompas preman.”
  • Ngocol

    Jika ada orang yang menyebalkan atau sombong dengan anda, maka dia itu ngocol.
    Misal:
    “Paimo emang ngocol banget. Suka ngumpetin sandal gue.”
  • Top

    Mungkin istilah ini sudah digunakan sejak dahulu, tapi masih sering terdengar di tahun 90-an bahkan hingga sekarang. Arti dari top adalah bagus, keren atau mantap.
    Misal:
    “Kamu udah top kok. Nggak usah kebanyakan dandan.”
  • Yoi Pace

    Istilah lain dari kata yongkru yang berarti iya atau menyetujuinya. Istilah ini juga dipercaya sebagai asal mula kata ‘yoi’ yang dipenggal dan dibuang kata ‘pace’ nya.
    Contoh:
    A: “Besok jangan sampai telat bro!”
    B: “Yoi pace!”
  • Yongkru

    Yongkru merupakan istilah yang berarti setuju atau mengiyakan. Asal usul kata ini kurang jelas, tapi sangat populer pada tahun 90-an.
    Contohnya:
    A: “Mau pergi kemana nih? Ke lapangan aja yuk, main golf.”
    B: “Yongkru ma men!”

Istilah Tahun 2000-an

  • Burket

    Singkatan dari ‘bubur ketek’, digunakan untuk menyebut orang yang berkeringat sehingga keteknya basah. Istilah ini memang agak jorok.
  • Capcus

    Digunakan ketika ingin melakukan sesuatu dengan segera.
    Misal:
    “Habis belanja langsung capcus pulang.”
  • Cupu

    Istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang culun dan lugu.
  • Ilfil

    Istilah ini berasal dari kata bahasa inggris, “Ill Feel” yang berarti “sakit rasa” atau muak dengan sesuatu.
  • Kasian Deh Lo

    Istilah ini pernah ngetren di tahun 2000-an. Pastinya anda sudah tau arti dari istilah ini, yaitu digunakan untuk menunjukkan rasa kasihan pada seseorang tapi dengan sedikit mengejek.
  • Sip

    Berarti mantap, elok, atau hebat. Istilah ini digunakan sebagai rasa kagum atas seseorang atas perbuatannya.
Misal:
“Wah tumben kamu mau ngerjain PR. Sip!” (diikuti mengacungkan ibu jari padanya)
  • So What Gitu Loh

    Isitlah ini mirip dengan kata “EGP” karena berarti ketidakpedulian. Secara harfiah kalimat ini berarti, “Terus Gue Suruh Ngapain?”. Asal usul istilah ini berasal dari sinetron jadul, “Disini Ada Setan”. Di salah satu tokoh dalam acara tersebut, bernama Anya, sering menggunakan istilah itu saat dia tidak peduli akan suatu hal.

Istilah Tahun 2011 – 2015

  • Alay

    Berarti norak dan berlebihan.
  • Joss/Jos

    Artinya sama dengan istilah ‘sip’, yang berarti mantap, elok, oke, atau hebat.
  • Kamseupay

    Singkatan dari frasa, “Kampungan-sekali-udik-payah”. Digunakan untuk menyebut orang yang kampungan.
Selengkapnya lihat di Daftar Istilah Bahasa Gaul 2015

Itulah beberapa istilah ngetren dari zaman ke zaman. Pastinya masih ada banyak sekali istilah ngetren lainnya. Hanya saja kami tidak bisa menyertakannya dalam daftar di atas karena kami menyajikan istilah yang sifatnya paling populer saja. Jika anda ingin menyarankan istilah, anda dapat menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih banyak!

Referensi:

[1] Provoke-online.com