Showing posts with label KAMUS. Show all posts
Showing posts with label KAMUS. Show all posts

Tuesday, January 26, 2016

Kumpulan Istilah Ngetren Dari Tahun ke Tahun

Kumpulan Istilah Ngetren Dari Tahun ke Tahun
(mixed with static.guim.co.uk)
Zaman terus bergulir dari waktu ke waktu, hingga muncullah sesuatu yang baru. Seperti halnya dalam berbahasa. Begitulah bahasa, sifatnya berkembang dari zaman ke zaman. Tahun 2016, mungkin sedang ngetren bahasa gaul seperti gabut, baper, hacep, dan sebagainya.

Pernahkah terpikirkan oleh anda bagaimana istilah ngetren jaman dulu pada sekitar tahun 90-an hingga sekarang? Pastinya berbeda dong dengan istilah gaul sekarang.

Di setiap wilayah, komunitas, atau negara pasti ada bahasa ngetrennya. Tak terkecuali juga di Indonesia. Langsung saja simak beberapa istilah ngetren dari tahun ke tahun berikut ini:

Istilah Tahun 90-an

  • ABG

    Singkatan dari “Anak Baru Gede” atau anak yang baru beranjak dewasa kisaran antara umur 15 hingga 20 tahunan. Hingga saat ini istilah tersebut masih sering digunakan.
  • Au Ah Gelap

    Berasal dari kalimat, “Tau ah, gelap” yang berarti tidak peduli atau tidak mau tahu.
    Misal:
    A: “Ayo dong. Mumpung dia lagi single, siapa tau bisa balikan lagi.” (sambil senyum meledek)
    B: “Au ah gelap!” (sambil menggerutu)
  • Bapet

    Merupakan singkatan dari frasa ‘babi ngepet’. Biasanya istilah ini digunakan untuk mengejek seseorang.
    Misal:
    Bapet nih anak. Sukanya cari masalah mulu.”
  • Bokin

    Istilah bahasa prokem untuk istri. Seperti halnya kata ‘bokap’ untuk ‘bapak’, termasuk ‘bokin’ untuk menyebut istri atau bini.
    Misal:
    “Aku nggak bisa pergi sekarang bro. Suruh nemenin bokin.”
  • Cipet

    Istilah lain untuk kata copet (maling).
  • EGP

    Merupakan singkatan dari kalimat “Emang Gue Pikirin” yang berarti tidak peduli. Hati-hati ketika menggunakan kata “EGP” karena biasanya dikatakan dengan nada agak tinggi dan bisa menyakiti.
    Misal:
    A: “Eh, tadi gue ketemu mantan lu.”
    B: “EGP!” (Dengan pasang muka sungut)
  • Ember

    Jaman dulu, kata ini berarti ‘memang’. Tapi sekarng maknanya sudah berubah digunakan untuk menyebut orang yang tidak bisa jaga rahasia.
  • Hebring

    Istilah lain untuk kata ‘keren’ tapi dengan dilebih-lebihkan.
    Misal:
    “Wah sekarang udah keren nih. Motornya baru. Hebring!”
  • Kompas

    Kompas disini berarti palak atau pemerasan. Pada saat itu di tahun 90-an anak-anak sekolah takut pulang sendirian karena takut dikompas oleh preman.
    Contoh:
    A: “Gue takut pulang sendiri bro.”
    B: “Kenapa? Ah cemen lu.”
    C: “Takut dikompas preman.”
  • Ngocol

    Jika ada orang yang menyebalkan atau sombong dengan anda, maka dia itu ngocol.
    Misal:
    “Paimo emang ngocol banget. Suka ngumpetin sandal gue.”
  • Top

    Mungkin istilah ini sudah digunakan sejak dahulu, tapi masih sering terdengar di tahun 90-an bahkan hingga sekarang. Arti dari top adalah bagus, keren atau mantap.
    Misal:
    “Kamu udah top kok. Nggak usah kebanyakan dandan.”
  • Yoi Pace

    Istilah lain dari kata yongkru yang berarti iya atau menyetujuinya. Istilah ini juga dipercaya sebagai asal mula kata ‘yoi’ yang dipenggal dan dibuang kata ‘pace’ nya.
    Contoh:
    A: “Besok jangan sampai telat bro!”
    B: “Yoi pace!”
  • Yongkru

    Yongkru merupakan istilah yang berarti setuju atau mengiyakan. Asal usul kata ini kurang jelas, tapi sangat populer pada tahun 90-an.
    Contohnya:
    A: “Mau pergi kemana nih? Ke lapangan aja yuk, main golf.”
    B: “Yongkru ma men!”

Istilah Tahun 2000-an

  • Burket

    Singkatan dari ‘bubur ketek’, digunakan untuk menyebut orang yang berkeringat sehingga keteknya basah. Istilah ini memang agak jorok.
  • Capcus

    Digunakan ketika ingin melakukan sesuatu dengan segera.
    Misal:
    “Habis belanja langsung capcus pulang.”
  • Cupu

    Istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang culun dan lugu.
  • Ilfil

    Istilah ini berasal dari kata bahasa inggris, “Ill Feel” yang berarti “sakit rasa” atau muak dengan sesuatu.
  • Kasian Deh Lo

    Istilah ini pernah ngetren di tahun 2000-an. Pastinya anda sudah tau arti dari istilah ini, yaitu digunakan untuk menunjukkan rasa kasihan pada seseorang tapi dengan sedikit mengejek.
  • Sip

    Berarti mantap, elok, atau hebat. Istilah ini digunakan sebagai rasa kagum atas seseorang atas perbuatannya.
Misal:
“Wah tumben kamu mau ngerjain PR. Sip!” (diikuti mengacungkan ibu jari padanya)
  • So What Gitu Loh

    Isitlah ini mirip dengan kata “EGP” karena berarti ketidakpedulian. Secara harfiah kalimat ini berarti, “Terus Gue Suruh Ngapain?”. Asal usul istilah ini berasal dari sinetron jadul, “Disini Ada Setan”. Di salah satu tokoh dalam acara tersebut, bernama Anya, sering menggunakan istilah itu saat dia tidak peduli akan suatu hal.

Istilah Tahun 2011 – 2015

  • Alay

    Berarti norak dan berlebihan.
  • Joss/Jos

    Artinya sama dengan istilah ‘sip’, yang berarti mantap, elok, oke, atau hebat.
  • Kamseupay

    Singkatan dari frasa, “Kampungan-sekali-udik-payah”. Digunakan untuk menyebut orang yang kampungan.
Selengkapnya lihat di Daftar Istilah Bahasa Gaul 2015

Itulah beberapa istilah ngetren dari zaman ke zaman. Pastinya masih ada banyak sekali istilah ngetren lainnya. Hanya saja kami tidak bisa menyertakannya dalam daftar di atas karena kami menyajikan istilah yang sifatnya paling populer saja. Jika anda ingin menyarankan istilah, anda dapat menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih banyak!

Referensi:

[1] Provoke-online.com

Istilah Dalam Penerbangan Lengkap Dengan Penjelasannya!

Istilah Penerbangan
(Terbang via Getty Images)
Mungkin kita pernah mendengar bermacam istilah yang digunakan dalam penerbangan. Entah itu diucapkan oleh seorang pilot, penumpang, atau kita mendengarnya dari media massa. Istilah-istilah penerbangan seperti landing, departure, take off dan sebagainya sering digunakan dalam maskapai penerbangan.

Istilah-istilah tersebut disebutkan dalam Bahasa Inggris karena mungkin sebagian besar istilah tersebut tidak dapat diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, sehingga kita sebagai warna negara Indonesia mau tidak mau harus mengetahui apa makna dibalik istilah tersebut.

Keuntungan kita mengetahui arti dari istilah penerbangan adalah kita jadi memiliki wawasan yang luas dalam lingkup penerbangan (meskipun sebagian dari kita belum pernah menunggangi pesawat terbang). Selain itu, kita jadi tidak kaget jika suatu saat nanti kita berpergian melalui mesin terbang tersebut.

Berikut beberapa istilah dalam penerbangan yang sudah kami sajikan dari berbagai sumber dan juga pengetahuan penulis:
  • Aeronautic

    Ilmu yang mempelajari tentang penerbangan.
  • Airmanship

    Tata krama atau etika penerbangan.
  • Airport Tax

    Pajak penerbangan yang harus dibayarkan ketika proses cek in. Setiap bandara memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Di Indonesia, sejak tahun 2015 mulai diberlakukan peraturan penerbangan perihal pajak yang merujuk pada Peraturan Kementrian Perhubungan Republik Indonesia No. KP 12 Tahun 2015 bahwa pajak bandara (airport tax) sudah termasuk dalam tiket.
  • Apron

    Tempat parkir pesawat udara.
  • Arrival

    Jam kedatangan penerbangan. Misal, di jadwal tertulis “Arrival: 17.00 WIB” – maka pesawat dijadwalkan untuk sampai pada pukul 5 sore.
  • Aviation

    Lembaga atau institusi penerbangan.
  • Baggage/Bagasi

    Istilah ini digunakan untuk menyebut barang bawaan kita. Kata ‘baggage’ berasal dari Bahasa Inggris yang berarti barang bawaan. Jadi, baggage atau anda juga bisa menyebutnya dengan bagasi, merupakan barang bawaan yang anda sertakan dalam perjalanan udara.
  • Boarding Card/Pass

    Boarding Pass merupakan kartu atau dokumen yang diberikan oleh pihak maskapai kepada penumpang seusai menyerahkan tiket menjelang keberangkatan pesawat. Jadi, Boarding Pass biasanya diperoleh dengan menukarkan tiket pesawat. Boarding pass ini juga digunakan sebagai tanda bahwa anda dipersilakan untuk melakukan penerbangan saat itu juga.
  • Boarding

    Proses memasuki pesawat terbang hingga melakukan penerbangan. Biasanya boarding memakan waktu sekitar 20 menitan. Saat boarding, penumpang akan dicek segala kelengkapannya termasuk barang bawaan. Adapun penumpang diberikan instruksi tentang menyelamatkan diri melalui pintu darurat, dan sebagainya.
  • Booking/Reservasi

    Booking atau reservation adalah proses memesan tiket pesawat baik online maupun offline.
  • Cabin Attendant

    Cabin Attendant sering juga disebut sebagai cabin crew, pramugara/pramugari, flight attendants, atau air hosts/hostesses. Cabin attendant merupakan tim yang dipekerjakan oleh maskapai penerbangan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang.
  • Cancel

    Calon penumpang batal melakukan penerbangan karena alasan tertentu. Pembatalan harus dilakukan pada hari sebelum penerbangan dijadwalkan. Untuk tindak lanjutnya, calon penumpang bisa melakukan pengembalian uang (refund).
  • Check-In

    Proses pendaftaran ulang yang dilakukan calon penumpang dengan menyerahkan tiket kepada petugas dan menukarkan tiket atau kode booking kepada menjadi boarding pass sebagai tanda sah dia diperbolehkan masuk ke pesawat. Saat cek in, penumpang juga akan menentukan nomor kursi pesawat. 
  • Check-Out

    Kebalikan dari check in, yaitu melakukan registrasi atau lapor diri seusai melakukan penerbangan. 
  • Crash/Accident

    Istilah kecelakaan dalam penerbangan.
  • Dangerous Goods

    Barang bawaan penumpang yang dapat membahayakan keselamatan dalam penerbangan. Daftar dangerous goods meliputi gas LPG, cat semprot, peluru, kompor, deterjen, bensin, atau benda yang dapat membahayakan lainnya.
  • Delay

    Delay adalah ketika pesawat mengalami gangguan waktu seperti keterlambatan berangkat maupun tiba. Bahasa sederhananya adalah penundaan.
  • Departure

    Departure adalah jam keberangkatan pesawat terbang. Misalkan anda akan naik pesawat melalui bandara Halim Perdanakusuma pukul 08.00, maka departure-nya adalah pukul 08.00.
  • Destination/Destinasi

    Kota tujuan penerbangan.
  • Divert

    Pengalihan pendaratan pesawat terbang. Biasanya dikarenakan ancaman-ancaman tertentu yang membahayakan penerbangan seperti cuaca buruk atau ancaman lain yang sifatnya teknis.
  • Emergency Door/Exit

    Pintu darurat dalam pesawat yang digunakan untuk melarikan diri jika terjadi kecelakaan.
  • Flight

    Istilah atau sebutan lain untuk penerbangan.
  • Jet Lag

    Perasaan lelah dan bingung karena perpindahan waktu yang cepat seusai melakukan penerbangan.
  • Landing

    Proses ketika pesawat mendarat.
  • Over Baggage

    Sebuah istilah untuk menjelaskan bahwa penumpang membawa barang bawaan berlebih. Biasanya (setiap peraturan dan kebijakan penerbangan berbeda-beda) penumpang yang mengalami over baggagedikenai denda berdasarkan nominal yang sudah ditentukan.
  • Pax/Passenger

    Sebutan untuk penumpang pesawat udara. Istilah ‘pax’ sendiri merupakan kata yang dipersingkat dari ‘passenger’.
  • Pilot

    Orang yang mengemudikan pesawat terbang. Seorang pilot harus sudah pernah melakukan sertifikasi dan uji kelayakan mampu mengemudikan pesawat.
  • Refund

    Penukaran tiket yang sudah dibeli calon penumpang menjadi uang. Refund dilakukan karena alasan tertentu seperti calon penumpang membatalkan penerbangan. Untuk melakukan refund harus memenuhi syarat yang sudah berlaku. Akan tetapi, refund tidak memberikan pengembalian uang secara utuh. Semakin waktu mendekati jadwal penerbangan, semakin kecil pengembalian uang.
  • RON (Remain Over Night)

    Sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut pesawat yang ditinggalkan di bandara layaknya untuk sekurangnya satu malam.
  • Runway

    Runway adalah area lapang berupa jalan memanjang yang digunakan oleh pesawat untuk mendarat ataupun ancang-ancang hendak terbang.
  • Safety Belt

    Istilah lain untuk sabuk pengaman di dalam pesawat.
  • Schedule

    Schedule atau skedul merupakan jadwal penerbangan yang berisi informasi tentang kapan pesawat berangkat, kapan pesawat tiba, dan seterusnya.
  • Security Check

    Layanan yang dilakukan pihak maskapai dalam memeriksa barang bawaan penumpang sebelum memasuki atau saat keluar dari pesawat terbang. Pemeriksaan biasanya dilakukan menggunakan teknologi khusus yang memiliki sensor pendeteksi alat-alat mencurigakan.
  • Take Off

    Proses pesawat berangkat meninggalkan landasan di bandara menuju destinasi.
  • Ticket/Tiket

    Karcis yang digunakan sebagai bukti pembelian untuk melakukan penerbangan. Tiket tersebut nantinya akan diproses pada saat check in dan ditukarkan dengan kartu khusus yang digunakan untuk mengesahkan penumpang.
  • Transit

    Proses atau keputusan berhenti di bandara lain sebelum tiba di kota tujuan. Pada saat transit, penumpang biasanya diberikan pilihan untuk ganti pesawat terbang atau tetap pada pesawat sebelumnya.
  • Window Seat

    Kursi di dalam pesawat terbang yang dekat dengan jendela, sehingga jika duduk di kursi itu bisa menikmati pemandangan indah angkasa.
Itulah beberapa istilah dalam penerbangan. Seperti biasa, pastinya masih terdapat banyak sekali istilah yang ada dalam penerbangan dan belum bisa kami cantumkan disini. Akan tetapi, kami berusaha menyajikan istilah yang sifatnya penting-penting saja, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda jika anda hendak melakukan penerbangan suatu saat nanti.

Referensi:

[1] Jejak Candra Blog