Showing posts with label GAUL. Show all posts
Showing posts with label GAUL. Show all posts

Tuesday, August 2, 2016

Arti Kata Friendzone Dalam Bahasa Gaul

Pertama kali saya mendengar istilah 'friendzone' adalah sekitar tahun 2013. Tepatnya saat itu sedang marak sekali istilah gaul seperti PHP, selfie dan groufie. Saya mendengar istilah friendzone untuk pertama kalinya di fans page 9Gags, tempat berbagi gambar dan video jenaka.

Saat itu saya belum tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang friendzone. Tapi, sekarang saya terdorong untuk mengetahui arti dari istilah ini.
Friendzone adalah kondisi di mana salah satu di antara dua orang yang saling berteman ingin menjalin hubungan asmara, tapi orang yang satunya lagi tidak mau. Dengan kata lain, peristiwa friendzone ini mirip dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan.
Sederhananya, seorang pria hanya dianggap sebagai sahabat oleh seorang wanita, padahal pria tersebut menginginkan hubungan yang lebih dari sebatas pertemanan.
Arti Friendzone Dalam Bahasa Gaul

Contoh kalimat berbahaya yang mungkin menandakan kamu dibuat friendzone sama dia:
  1. "Maaf, aku nggak bisa. Aku lebih nyaman kamu jadi teman aku."
  2. "Kamu baik banget. Aku bersyukur punya sahabat kaya kamu."
  3. "Aku pengin punya pacar yang kaya kamu. Baik, perhatian, suka ngasih pinjaman uang." - Ini berarti dia hanya ingin seseorang yang memiliki sifat seperti mu. Kecuali kalau dia bilang ingin punya pacar yang secara fisik mirip kamu, berarti itu lampu hijau.
Biasanya, orang yang melakukan friendzone hanya menyukai sifat pribadi daripada fisik orang yang diberikan friendzone.

Untuk keterangan yang lebih jelas lagi, kamu bisa mengetahui lewat karakteristik apakah kamu dalam posisi friendzone atau tidak.

Ciri-Ciri Kamu Dalam Posisi Friendzone

  1. Dia tidak mau diajak pacaran.
  2. Menganggap kamu sebagai sahabat (saja).
  3. Sering curhat padamu
  4. Sering komunikasi sama kamu (SMS, Telfon, WA, BBM, dan lain-lain)
  5. Kamu merasa percaya diri bahwa dia suka denganmu seperti halnya kamu suka padanya, padahal itu hanya perasaanmu saja.

Sejarah Istilah

Mungkin penyebab istilah ini disebut sebagai 'friendzone' karena secara logis, seseorang yang ingin memacari sahabat dekatnya menjadi tidak punya kesempatan karena sahabatnya sudah 'terlanjur' menganggap dirinya sebagai teman, makanya dinamakan 'friendzone'. Dia sudah masuk ke zona teman untuk selamanya.

Begitulah arti dari kata friendzone dalam bahasa gaul Indonesia. Jika kamu dalam posisi friendzone, kami semua berduka cita atas momentum friendzone kamu. Semoga lekas keluar dari friendzone ya.

Saturday, July 30, 2016

Arti Dan Sejarah Istilah Baper Dalam Bahasa Gaul

Anak jaman sekarang siapa tidak kenal dengan istilah baper? Istilah ini sering sekali disebut-sebut oleh manusia di seantero Indonesia. Di TV ada yang bilang kata 'baper', di media sosial apalagi, lebih banyak yang menggunakan kata 'baper' ini.

Jika anda belum tahu arti dari kata 'baper', baca terlebih dahulu penjelasannya di bawah ini. Sekaligus, anda bisa mengerti asal usul dan sejarah istilah gaul ini.

Baper adalah singkatan dari kata 'bawa perasaan'. Secara harfiah susah dipahami yah? Kemudian konteksnya di mana? Bukannya perasaan itu selalu di bawa ke mana-mana.

Makan bawa perasaan, mandi bawa perasaan, pacaran bawa perasaan, hingga sekolah pun bawa perasan. Karena jika perasaan tidak di bawa, hidup menjadi tidak ada rasanya.

Tapi arti dari kata 'baper' bukan di situ tempatnya. Baper adalah istilah yang digunakan ketika seseorang mengikutsertakan perasannya di momen atau tempat yang tidak semestinya.
Arti Dan Sejarah Istilah Baper Dalam Bahasa Gaul
Contoh kata 'baper'
Misalkan, anda lagi lihat kucing cantik jalan sama kucing ganteng di jalan. Kemudian anda jadi bawa perasaan anda tentang kenangan bersama mantan pacar, hanya karena melihat ada makhluk hidup lain yang bergandengan, lantas anda merasakan apa yang mereka rasakan, maka itu tandanya anda sedang baper.
Arti Dan Sejarah Istilah Baper Dalam Bahasa Gaul
Contoh kata 'baper'
Adapun satu program televisi di salah satu saluran televisi nasional yang berjudul 'baper' itu bukan berarti ceritanya tentang bawa perasaan. Pasalnya, tidak ada dalam acara tersebut yang mengaitkan dengan peristiwa baper. Mungkin, menurut saya, acara itu mengambil nama 'baper' karena di kehidupan masyarakat zaman sekarang istilah tersebut sedang ngetren.
Contoh lain:
  • Nonton film Titanic, jadi baper.
  • Lihat penari Jawa mengiringi kedua mempelai, kapan aku diiringi? Jadi baper deh.
  • A: Aku suka kucing ku sesuka aku padamu.
    B: Baper deh kamu.  
  • Pokemonnya lucu-lucu. Jadi baper sama si dia.

Penemu Kata Baper

Sejarah kata baper sangat misterius. Sampai saat ini, di Google tidak ada artikel yang mengulas tentang bagaimana dan siapa penemu kata 'baper' ini. Jika dicari dan ditelisik di pencarian Google, hanya ada satu atau dua artikel yang membahas tentang asal usul kata baper. Itu pun ulasannya dalam bentuk cerita pendek yang berbentuk parodi saja.

Dalam parodi tersebut, asal usul kata baper berasal dari kata 'Mbak Per', sebutan untuk memanggil 'Mbak Princess'. Cerpen itu menceritakan tentang kerajaan dan bagaimana asal usul kata 'baper'.

Karena dalam mengucapkan 'Mbak Per' relatif sulit, maka ejaannya disempurnakan menjadi 'Baper'. Itu versi lucu atau jenakanya.

Bicara soal sejarah yang menyangkut linguistik dan filologi, hingga saat ini belum diketahui asal usul kata tersebut secara historis. Tapi, penciptanya atau pelopornya pasti ada. Mungkin dia tidak menunjukkan konsistensinya di dunia maya, sehingga para pencari sumber dari Google susah menjangkaunya.

Seandainya penemu kata 'baper' membaca artikel ini, dan dengan baik hati mengungkapkan secara jujur di kolom komentar bagaimana kata 'baper' ini dimulai, maka pembaca lainnya pasti akan merasa tuntas dengan ke-kepoan-nya terhadap sejarah kata 'baper' ini. 

Selain itu, saya juga sebagai manusia yang haus ilmu jadi sedikit-sedikit bisa menyerap pengetahuan sejarah kata 'baper' dan pastinya si penemu mendapatkan balasan yang setimpal.

Jadi, kesimpulannya, baper adalah kata atau ungkapan yang digunakan untuk mengekspresikan perasaannya yang ikut terbawa pada momen-momen yang tidak pas. Penemu dan asal usul kata 'baper' juga masih sumbang, masih menjadi misteri. Semoga cepat diketahui sehingga bisa dijadikan tokoh kecil-kecilan di dunia Makna Istilah seperti halnya penemu kata 'agan'. Sekian dan terima kasih.

Wednesday, July 27, 2016

Apa Arti Istilah Japri?

Yang main milis (mailing list) sekitar tahun 2007 pasti pernah dengar istilah Japri. Atau mungkin sekarang masih ada yang dengar istilah tersebut? Jika iya, mau bagaimana lagi. Toh, istilah akan tetap ada selama masih dibutuhkan.

Japri itu Apa?

Sekarang, japri itu apa sih? Japri sebenarnya adalah singkatan dari kata Jalur Pribadi. Lantas apa maksudnya?
Apa Arti Istilah Japri?
Contoh penggunaan kata japri
Biasanya di zaman ketika orang masih suka main milis, ada orang yang balas di milis,
"Balas lewat japri."
Milis itu sejenis forum diskusi yang isinya ada banyak pengguna e-mail berbeda-beda. Kalau jaman sekarang misalnya grup Facebook, BBM, LINE, dan grup-grup sejenis di media sosial.

Japri Maksudnya Apa?

Maksud dari "balas lewat japri" adalah kamu disuruh membalas lewat jalur pribadi seperti misalnya lewat inbox, intinya in person. Dengan kata lain, dia ingin ngobrol berdua saja dengan kamu, bukan lewat forum atau grup.
Contoh:
  • "Aku pengen ngobrol lebih dekat sama kamu Mas, lewat japri aja ya. :)"
  • "Untuk informasi yang lebih detil, langsung japri saja."

Jadi, apa itu Japri?

Singkatnya, Japri adalah istilah singkatan gaul yang berarti Jalur Pribadi. Kata 'jalur' berarti cara atau medium, sedangkan 'pribadi' artinya secara perseorangan, tanpa melibatkan pihak yang tidak berkepentingan. Istilah sederhananya Private Message (PM), In Person, atau lewat inbox.

Itulah arti dari istilah Japri. Sekarang kamu sudah tahu kan makna dari kata japri? Semoga tulisan ini membantu kamu. Jika ada kata yang dirasa kamu belum tahu, kamu boleh bertanya kepada Makna Istilah Blog.

Tuesday, January 26, 2016

Kumpulan Istilah Ngetren Dari Tahun ke Tahun

Kumpulan Istilah Ngetren Dari Tahun ke Tahun
(mixed with static.guim.co.uk)
Zaman terus bergulir dari waktu ke waktu, hingga muncullah sesuatu yang baru. Seperti halnya dalam berbahasa. Begitulah bahasa, sifatnya berkembang dari zaman ke zaman. Tahun 2016, mungkin sedang ngetren bahasa gaul seperti gabut, baper, hacep, dan sebagainya.

Pernahkah terpikirkan oleh anda bagaimana istilah ngetren jaman dulu pada sekitar tahun 90-an hingga sekarang? Pastinya berbeda dong dengan istilah gaul sekarang.

Di setiap wilayah, komunitas, atau negara pasti ada bahasa ngetrennya. Tak terkecuali juga di Indonesia. Langsung saja simak beberapa istilah ngetren dari tahun ke tahun berikut ini:

Istilah Tahun 90-an

  • ABG

    Singkatan dari “Anak Baru Gede” atau anak yang baru beranjak dewasa kisaran antara umur 15 hingga 20 tahunan. Hingga saat ini istilah tersebut masih sering digunakan.
  • Au Ah Gelap

    Berasal dari kalimat, “Tau ah, gelap” yang berarti tidak peduli atau tidak mau tahu.
    Misal:
    A: “Ayo dong. Mumpung dia lagi single, siapa tau bisa balikan lagi.” (sambil senyum meledek)
    B: “Au ah gelap!” (sambil menggerutu)
  • Bapet

    Merupakan singkatan dari frasa ‘babi ngepet’. Biasanya istilah ini digunakan untuk mengejek seseorang.
    Misal:
    Bapet nih anak. Sukanya cari masalah mulu.”
  • Bokin

    Istilah bahasa prokem untuk istri. Seperti halnya kata ‘bokap’ untuk ‘bapak’, termasuk ‘bokin’ untuk menyebut istri atau bini.
    Misal:
    “Aku nggak bisa pergi sekarang bro. Suruh nemenin bokin.”
  • Cipet

    Istilah lain untuk kata copet (maling).
  • EGP

    Merupakan singkatan dari kalimat “Emang Gue Pikirin” yang berarti tidak peduli. Hati-hati ketika menggunakan kata “EGP” karena biasanya dikatakan dengan nada agak tinggi dan bisa menyakiti.
    Misal:
    A: “Eh, tadi gue ketemu mantan lu.”
    B: “EGP!” (Dengan pasang muka sungut)
  • Ember

    Jaman dulu, kata ini berarti ‘memang’. Tapi sekarng maknanya sudah berubah digunakan untuk menyebut orang yang tidak bisa jaga rahasia.
  • Hebring

    Istilah lain untuk kata ‘keren’ tapi dengan dilebih-lebihkan.
    Misal:
    “Wah sekarang udah keren nih. Motornya baru. Hebring!”
  • Kompas

    Kompas disini berarti palak atau pemerasan. Pada saat itu di tahun 90-an anak-anak sekolah takut pulang sendirian karena takut dikompas oleh preman.
    Contoh:
    A: “Gue takut pulang sendiri bro.”
    B: “Kenapa? Ah cemen lu.”
    C: “Takut dikompas preman.”
  • Ngocol

    Jika ada orang yang menyebalkan atau sombong dengan anda, maka dia itu ngocol.
    Misal:
    “Paimo emang ngocol banget. Suka ngumpetin sandal gue.”
  • Top

    Mungkin istilah ini sudah digunakan sejak dahulu, tapi masih sering terdengar di tahun 90-an bahkan hingga sekarang. Arti dari top adalah bagus, keren atau mantap.
    Misal:
    “Kamu udah top kok. Nggak usah kebanyakan dandan.”
  • Yoi Pace

    Istilah lain dari kata yongkru yang berarti iya atau menyetujuinya. Istilah ini juga dipercaya sebagai asal mula kata ‘yoi’ yang dipenggal dan dibuang kata ‘pace’ nya.
    Contoh:
    A: “Besok jangan sampai telat bro!”
    B: “Yoi pace!”
  • Yongkru

    Yongkru merupakan istilah yang berarti setuju atau mengiyakan. Asal usul kata ini kurang jelas, tapi sangat populer pada tahun 90-an.
    Contohnya:
    A: “Mau pergi kemana nih? Ke lapangan aja yuk, main golf.”
    B: “Yongkru ma men!”

Istilah Tahun 2000-an

  • Burket

    Singkatan dari ‘bubur ketek’, digunakan untuk menyebut orang yang berkeringat sehingga keteknya basah. Istilah ini memang agak jorok.
  • Capcus

    Digunakan ketika ingin melakukan sesuatu dengan segera.
    Misal:
    “Habis belanja langsung capcus pulang.”
  • Cupu

    Istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang culun dan lugu.
  • Ilfil

    Istilah ini berasal dari kata bahasa inggris, “Ill Feel” yang berarti “sakit rasa” atau muak dengan sesuatu.
  • Kasian Deh Lo

    Istilah ini pernah ngetren di tahun 2000-an. Pastinya anda sudah tau arti dari istilah ini, yaitu digunakan untuk menunjukkan rasa kasihan pada seseorang tapi dengan sedikit mengejek.
  • Sip

    Berarti mantap, elok, atau hebat. Istilah ini digunakan sebagai rasa kagum atas seseorang atas perbuatannya.
Misal:
“Wah tumben kamu mau ngerjain PR. Sip!” (diikuti mengacungkan ibu jari padanya)
  • So What Gitu Loh

    Isitlah ini mirip dengan kata “EGP” karena berarti ketidakpedulian. Secara harfiah kalimat ini berarti, “Terus Gue Suruh Ngapain?”. Asal usul istilah ini berasal dari sinetron jadul, “Disini Ada Setan”. Di salah satu tokoh dalam acara tersebut, bernama Anya, sering menggunakan istilah itu saat dia tidak peduli akan suatu hal.

Istilah Tahun 2011 – 2015

  • Alay

    Berarti norak dan berlebihan.
  • Joss/Jos

    Artinya sama dengan istilah ‘sip’, yang berarti mantap, elok, oke, atau hebat.
  • Kamseupay

    Singkatan dari frasa, “Kampungan-sekali-udik-payah”. Digunakan untuk menyebut orang yang kampungan.
Selengkapnya lihat di Daftar Istilah Bahasa Gaul 2015

Itulah beberapa istilah ngetren dari zaman ke zaman. Pastinya masih ada banyak sekali istilah ngetren lainnya. Hanya saja kami tidak bisa menyertakannya dalam daftar di atas karena kami menyajikan istilah yang sifatnya paling populer saja. Jika anda ingin menyarankan istilah, anda dapat menuliskannya di kolom komentar. Terimakasih banyak!

Referensi:

[1] Provoke-online.com

Monday, January 18, 2016

Apa Arti Istilah Awesome?

(foto mixed with fastcodedesign.com)
Mungkin anda pernah mendengar istilah awesome entah dari media sosial, dari media massa, atau mungkin dari teman anda yang mengucapkannya baik lisan maupun tulisan. Pernahkah anda bertanya pada teman anda arti dari kata ‘awesome’ itu? Ataukah anda malu bertanya? Tak usah khawatir, kami akan menjabarkan arti dari istilah tersebut.

Sebenarnya anda dapat menemukan makna istilah tersebut di kamus Bahasa Inggris karena kata tersebut berasal dari Bahasa Inggris. Apa artinya? 

Arti Awesome Menurut Kamus Bahasa Inggris

Jika anda mencari arti kata ‘awesome’ di kamus, anda mungkin akan menemukan penjelasan bahwa awesome berarti membuat terpesona, mengagumkan, menakjubkan, keren atau bisa juga bagus.
Contoh kalimat:
The house is very awesome (rumahnya bagus sekali).

Arti Awesome Dalam Bahasa Gaul Indonesia

Nah, mungkin anda sering mendengar kata ‘awesome’ dalam bahasa gaul. Apa sih artinya? Apakah artinya sama saja dengan yang ada di Bahasa Inggris? Sebenarnya tidak jauh beda. Dalam Bahasa Inggris, ‘awesome’ digunakan untuk mengungkapkan kekaguman atas suatu hal. Sedangkan ‘awesome’ dalam slang Bahasa Indonesia juga berarti demikian.

Menurut kamusslang.com, awesome dalam bahasa gaul digunakan untuk membanggakan orang lain maupun diri sendiri.
Contohnya:
1 Wow kamu awesome sekali ya, aku jadi suka kamu.
2 Kamu main bolanya bagus bro. Awesome deh!

Bagaimana cara mengucapkan atau membacanya?

Menurut Kamus Oxford Bahasa Inggris, anda dapat membaca kata ‘awesome’ dengan pelafalan /ˈɔːs(ə)m/ atau secara sederhana dibaca osém (huruf 'o' dibaca panjang).

Jadi apa itu awesome?

Ringkasnya, awesome adalah ungkapan yang digunakan untuk menjelaskan kekaguman atas suatu perihal yang membuatnya terpesona.
Itulah arti dari kata awesome. Apakah anda sudah menemukan makna kata tersebut dan puas dengan jawabannya? Semoga saja demikian karena data diatas sudah kami sajikan dengan validitas kuat lewat berbagai sumber-sumber terpercaya. Terimakasih banyak!