Top Ad unit 728 × 90

Resiko Tidur Menggunakan Kipas Angin

Siapa yang tidak ingin saat beristirahat malam dapat tidur dengan lelap?  Pasti kita semua menginginkan kualitas tidur yang baik, terutama pada malam hari. Karena sebagian dari kita tidak banyak memiliki waktu luang untuk tidur siang karena harus bekerja. Sehingga pada malam hari pun kita harusnya dapat tidur dengan baik guna menjaga kebugaran tubuh. Tapi tidak semua orang dapat tidur dengan lelap pada malam hari, terutama disebabkan oleh kondisi udara yang panas dan membuah tubuh merasa gerah. Hal ini kemudian menyebabkan banyak orang untuk menggunakan kipas angin saat tidur agar dapat tidur dengan lelap. Tapi tahukah Anda bahwa tidur menggunakan kipas angin pada malam hari memiliki banyak resiko, salah satunya dapat mengakibatkan kematian. Berikut uraian lengkap mengenai efek dari terlalu sering menggunakan kipas angin saat tidur pada malam hari. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.
Kipas angin merupakan salah satu langkah alternatif untuk menggerakkan angin menjadi lebih dinamis hingga udara tak terlampau panas. Dulu orang memakai kipas angin buatan berbahan simpel, namun saat ini kipas angin sudah menjelma menjadi benda moderen yang bisa bekerja terus-terusan sepanjang malam.
Beberapa orang memakai kipas dengan angin yang mengarah langsung pada tubuh waktu tidur, langkah tersebut memang menyenangkan dan membuat tidur lebih lelap, namun angin yang terus-terusan menerpa tubuh sepanjang malam juga beresiko untuk kesehatan bahkan juga bisa mengakibatkan kematian.
Dikutip dari berbagai sumber, pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang mengapa kita tidak boleh memakai kipas angin yang langsung mengarah pada tubuh ketika kita sedang tidur pada malam hari.
1. Tubuh kekurangan oksigen
     Bahaya yang paling serius dari memakai kipas angin waktu tidur yaitu tubuh jadi kekurangan oksigen. Hal semacam ini terutama bila arah kipas angin langsung ditujukan ke wajah pada ruang yang tidak memiliki fentilasi.

2. Suhu tubuh menurun drastis
   Tidur dengan kipas angin bakal menurunkan suhu tubuh secara drastis. Bila perubahan ini berlangsung secaramendadak jadi tekanan darah dan system pernapasan bakal terganggu. Dan akibat paling fatalnya yaitu fungsi jantung serta paru-paru tak berperan optimal.

3. Mengalami hipotermia serta dehidrasi
   Seorang pakar syaraf, Dr. Wendra Ali, menyampaikan waktu seorang ada dalam ruang dingin kurun waktu yang lama jadi tubuh bakal mengalami kekeringan disebabkan udara dingin akan menyerap air dalam tubuh. Bila terjadi terus-terusan sepanjang malam jadi kelembapan tubuh bakal alami penurunan hingga akhirnya berlangsung hipotermia.

4. Penyakit Bell Palsy
   Penyakit ini dimaksud juga kelumpuhan, namun bukan pada tubuh tetapi pada wajah. Orang yang sering tidur malam dengan kipas angin memiliki resiko peningkatan ketegangan pada system syaraf dikarenakan suhu dingin yang menimpa wajah terus-terusan sepanjang malam, mengakibatkan wajah jadi tegang, sulit senyum atau berekspresi

5. Mengakibatkan kematian
   Kematian mendadak bisa dialami oleh mereka yang menggunakan kipas angin sepanjang malam waktu tidur, terutama pada ruang yg tidak mempunyai fentilasi untuk keluar masuknya udara. Hal semacam ini disebabkan karena ada peningkatan kandungan CO2 serta penurunan O2 dalam ruangan.
Demikian beberapa bahaya tidur memakai kipas angin. Baiknya jangan mengarahkan kipas secara langsung ke tubuh serta jangan tidur dalam ruang yang buruk sistem fentilasinya.
Semoga bermanfaat. Tolong di share sebagai rasa kemanusiann kita agar semakin banyak orang mengetahui bahaya ini.
Resiko Tidur Menggunakan Kipas Angin Reviewed by frank ucup on 2:23:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.