Top Ad unit 728 × 90

Pengertian Singkat Apa Itu Reklamasi

Reklamasi Cina
Pastinya anda sering mendengar tentang reklamasi. Akhir-akhir ini sering sekali diperbincangkan di berbagai media. Di TV bicara reklamasi Teluk Jakarta. Di situs web berita nasional juga memperbincangkan tentang reklamasi.

Atau mungkin anda sedang bingung dengan pengertian reklamasi? Karena sebenarnya reklamasi memiliki banyak pengertian.

Pengertian #1

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, reklamasi adalah bantahan atau sanggahan keras. Jadi reklamasi di sini adalah bentuk dari penolakan. Beda lagi dengan pengertian yang kedua.

Pengertian #2

Reklamasi adalah upaya untuk memperluas tanah dengan cara memanfaatkan kawasan yang pada awalnya tidak berguna menjadi berguna. Contohnya dengan melakukan pengurugan tanah di daerah rawa-rawa, pantai, atau kawasan berair lainnya.

Nah, kasus yang menyangkut pengertian nomor dua di atas sedang sering diomongkan sepekan dua pekan ini. Pasalnya, teluk Jakarta yang menimbulkan pro dan kontra sedang didiskusikan untuk kemudian dilakukan reklamasi.

Itu berarti teluk Jakarta yang semula daerah perairan akan dijadikan daerah daratan dengan ditimpa dengan tanah. Sehingga daratan pun semakin meluas.

Karena reklamasi adalah perbuatan yang dicanangkan oleh pemerintah untuk melakukan perataan tanah pada kawasan perairan, tentunya butuh prosedur dan regulasi yang benar. Proyek reklamasi harusnya dikaji terlebih dahulu.

Reklamasi Tidak Selalu Pengurugan Tanah

Tapi perlu digarisbawahi, bahwa jenis reklamasi itu ada dua macam. Reklamasi tidak selalu dengan metode mengurugan tanah.Ada juga reklamasi yang dilakukan dengan penyedotan, seperti yang dilakukan di negara Belanda. Meskipun begitu, cara pengurugan lebih sering digunakan untuk menimbun wilayah perairan.

Tak khayal jika hasil dari reklamasi, atau baru rencananya saja, sudah mungkin mendapat banyak pertentangan dari pihak yang merasa dirugikan. Contohnya saja seperti nelayan dan aktivis lingkungan.

Dari Mana Tanah Didapatkan?

Dalam melakukan pengurugan di wilayah perairan, tentunya dibutuhkan pasir dan tanah. Bahan material tersebut bisa didapatkan dengan mendapatkannya di daerah-daerah maupun kota yang menyediakan seperti Banten, Lampung, dan Bangka. Tentunya dengan harga yang tidak murah.

Jadi, reklamasi memiliki dua pengertian. Yang pertama adalah bantahan dan ke-dua adalah proses pengurugan tanah. Tapi reklamasi selalu mengurug tempat yang semula berair menjadi bertanah. Jika daerahnya tidak berair, maka tidak bisa disebut sebagai reklamasi.
Pengertian Singkat Apa Itu Reklamasi Reviewed by frank ucup on 9:41:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.