Top Ad unit 728 × 90

Kumpulan Arti Istilah Dalam Instagram

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu Instagram? Anak muda sekarang hampir tahu Instagram bahkan punya akun Instagram.

Kalau toh ada yang tidak tahu apa itu Instagram, cuma ada dua kemungkinan. Dia adalah orang yang tidak hidup di zaman ini, atau dia adalah orang yang tidak tahu tentang Instagram, baik perkembangannya maupun kehadirannya. Loh?

Ya, hal tersebut bisa saja terjadi pada orang tua, pada kaum yang menolak media sosial, pada orang yang baru mengenal Instagram, atau pada orang yang sudah tahu Instagram tapi tidak mendalam mempelajari fitur-fitur di dalamnya.

Nah, untuk memberikan jawaban terhadap kebingungan itu, kami sudah menulis daftar istilah dalam Instagram beserta kegunaan dan penjelasannya.

Kebanyakan istilah dalam Instagram berbahasa Inggris, jadi jika anda pintar bahasa Inggris, seharusnya anda sudah bisa lulus tentang istilah di Instagram tanpa harus membaca kumpulan istilah di bawah ini.

Tapi, belum tentu juga sih. Siapa tahu ada yang pintar bahasa Inggris tapi tetap tidak tahu kegunaan satu istilah di Instagram seperti misalnya kata geo tag, dan segala macam.

Meskipun begitu, sekarang di Instagram sudah tersedia penggunaan bahasa Indonesia, sehingga mempermudah pemahaman dalam menggunakan Instagram. Lalu, untuk apa saya membuat kumpulan istilah ini sedangkan bahasa Indonesia saja sudah cukup memperjelas fitur-fitur yang ada di Instagram?

Tidak apa-apa, saya akan mencoba memberikan penjelasan tentang istilah di Instagram. Siapa tahu anda ingin mengetahuinya lebih dalam.

Langsung saja, berikut ini adalah kumpulan istilah dalam Instagram yang perlu anda ketahui.
  • Activity Feed
    Istilah gampangnya adalah pemberitahuan. Di Activity Feed terdapat pemberitahuan tentang yang dilakukan Instagramer tentang akun Instagram anda seperti mention username anda, memberikan komentar di post anda, atau menyukai post anda. Berguna untuk memberitahu anda tentang kejadian-kejadian yang berhubungan dengan aktivitas anda.
  • Bio
    Bio adalah kependekan dari Biography, yang merupakan keterangan singkat tentang diri anda sebagai Instagramer, sehingga orang lain bisa memahami siapa anda. Bio ini letaknya di bawah nama anda.
    Misalkan Bio diisi seperti ini:
    "Orang baik. Suka traveling, mancing, nonton TV, sinetron."
  • Caption
    Caption adalah keterangan atau deskripsi tentang post yang anda kirimkan. Di dalam caption juga bisa memuat hashtag.
    Jadi, caption ini berguna untuk memberikan keterangan tentang post yang dikirim. Tapi tak jarang juga yang membuat post tanpa menuliskan caption yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan post. Tapi itu tidak masalah, karena menulis caption adalah suatu kebebasan.
  • Comments
    Komentar! Semuanya tahu itu. Instagramer bisa mengomentari atau memberikan pendapat tentang post yang diunggah oleh Instagramer lainnya.
    Dengan comment, mereka jadi bisa berinteraksi satu sama lain. Dalam comment juga bisa menyertakan akun Instagram milik orang lain, yang juga sering disebut dengan mention.
  • Feed, Gallery, atau Album
    Mungkin ada yang pernah menyebut tiga istilah di atas. Itu maksudnya adalah koleksi gambar atau video yang ada di profil Instagramer. Bisa disebut feed, gallery, atau album. Tiap orang mungkin alirannya berbeda-beda dalam menyebut istilah koleksi foto. Kalau penulis sih tinggal sebut foto-foto saja.
  • Filters
    Filter adalah fitur Instagram untuk memberikan efek grafis pada gambar yang diunggah. Efek grafis ini ada banyak, sekitar 20 lebih. Salah satunya merubah pewarnaan pada gambar menjadi terang, bersih, sejuk, dan sebagainya (seperti di kamera 360).
  • Follower
    Bahasa sederhananya adalah pengikut akun Instagram anda. Follower bisa mendapatkan pemberitahuan atau kabar tentang post baru akun Instagram yang di-follow.
    Untuk melakukan follow, kunjungi akun Instagram yang ingin di-follow, kemudian ketuk tombol Follow yang tersedia.
  • Geotag
    Geotag adalah lokasi yang memberikan keterangan tentang post yang anda kirim. Geotag ini berfungsi untuk menunjukkan lokasi anda tentang post yang anda kirim. Misal anda sehabis berlibur di Temanggung. Anda berfoto ria dan mengunggahnya ke Instagram. Nah, geotag ini berfungsi memberikan penanda tentang lokasi di mana foto tersebut di ambil. Anda bisa memberikan keterangan geotag di Kota Temanggung.
  • Hashtag
    Tulisan akan menjadi hashtag jika diawali dengan simbol # atau tagar. Misalkan #MaknaIstilah, maka dia akan menjadi hashtag.
    Terus gunanya untuk apa? Hashtag berguna untuk membuat tren, spesifikasi, dan pengkerucutan terhadap suatu bidang tertentu.
    Misalkan ada hashtag #capek, jika hashtag tersebut diklik, maka akan menampilkan seluruh post yang di caption-nya terdapat hashtag #capek. Jadi mempermudah ketika Instagramer ingin melihat post tentang kategori tertentu.
  • Like
    Seperti media sosial lain, Instagram juga punya fitur like yang gunanya untuk memberikan ekspresi rasa suka kepada post yang diberikan like.
    Cara melakukan like tinggal ketuk dua kali pada post yang ingin diberi like.
  • News Feed
    Ini merupakan istilah untuk menyebut post terbaru yang ada di halaman beranda. Post-post ini milik akun Instagram yang anda follow dan akan tampil sesuai waktu pengunggahannya.
  • Post
    Post adalah ungkapan yang merujuk pada gambar yang diupload oleh Instagramer (sebutan untuk pengguna akun Instagram). Post dalam bahasa Indonesia artinya kiriman yang berupa gambar atau video. Di dalam post bisa mengandung gambar/video, caption, geo tag, dan user tags.
    Cara membuat post sangat sederhana. anda tinggal siapkan gambar atau video yang ingin diunggah ke akun Instagram anda. Kiriman atau post akan muncul di akun profil anda dan muncul di beranda Instagramer yang mengikuti (follow) anda.
  • Private
    Private adalah keterangan bahwa akun Instagram terkait tidak dapat ditampilkan oleh akun lain. Untuk bisa melihat profil Instagram yang di-Private, anda harus follow terlebih dahulu.
  • Username
    Username atau nama user berguna sebagai alamat akun Instagram anda. Username menjadi tanda pengenal dan pembeda akun anda dari Instagramer lainnya.
    Username ini diawali dengan tanda '@' misal @maknisblog, dan juga yang ada di url Instagram anda. Misalnya, http://www.instagram.com/maknisblog.
Itulah beberapa istilah dalam Instagram. Semoga bisa membantu anda. Semoga anda sudah tidak kesulitan lagi dalam menggunakan Instagram maupun dalam memahami fitur-fiturnya.
Kumpulan Arti Istilah Dalam Instagram Reviewed by frank ucup on 3:23:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.