Top Ad unit 728 × 90

Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet

Bagi anda yang sudah lama main internet, pastinya pernah dengar kata gan atau agan. Pernahkah anda menebak arti kata Agan? Tahukah anda apa arti Agan? Bagaimana asal usulnya kok ada kosa kata baru Agan? Sekarang situs web Makna Istilah akan membahas tentang apa itu kata gan dan agan, asal usulnya, dan digunakan untuk apa dan siapa.

Semuanya terjadi begitu saja, tanpa ada yang mengkomando, melopori, mencetuskan. Seperti halnya istilah-istilah ngetren yang muncul begitu saja. Benarkah begitu?

Sebenarnya ada yang melopori. Tapi secara tidak sengaja menjadi terkenal.

Pernahkah anda bertanya dari mana istilah kepo, baper, gabut, dan sebagainya berasal? Hanya segelintir yang tahu. Semuanya mengalir tanpa disengaja.
Kata agan diresmikan kaskus
Kata 'gan' diterima secara resmi oleh Kaskus

Termasuk kata Agan. Berdasarkan banyak sumber, kata agan merupakan kependekan atau singkatan dari kata juragan. Ya, agan itu artinya juragan.

Asal Usul Kata Agan

Kata Agan ini dipopulerkan oleh seorang kaskuser. Jadi awal mula kata agan ini dari Forum Online Indonesia Terbesar, Kaskus.

Lima tahun setelah Kaskus didirikan, tahun 2004, seorang kaskuser dengan ID bernama hitlerz sering memanggil dan menyebut kaskuser lain dengan sebutan juragan. Sedangkan pada saat itu orang-orang masing menggunakan sebutan seperti bro, sist, bos, bung, dan sebagainya.
ID Kaskus hitlerz
Kaskuser ID hitlerz
Karena memang, di Indonesia, menyebut nama secara langsung dalam suatu komunitas online kurang biasa dan agak aneh rasanya, juga mungkin kurang sopan, sehingga orang-orang secara kreatif menyapa netizen lain dengan sebutan-sebutan tertentu seperti bro, sist, sob, dan sebagainya.

Pada zaman neolithikum kaskus, sekitar tahun ID hitlerz sering beraktivitas, dia sering posting dengan menyertakan kalimat "Angkat gelas buat juragan", disertai emoticon mengangkat segelas bir.

Dari situ kata agan, juragan, dan termasuk juga aganwati jadi terkenal dan sering digunakan oleh kaskuser lainnya, entah karena alasan apa.

Dari sini, akun ID hitlerz mempopulerkan kata juragan, tapi belum tentu dia yang mempopulerkan kata gan, agan, atau aganwati.

Kendati demikian, orang-orang di kaskus percaya dan sepakat bahwa kaskuser inilah yang membuat sapaan-sapaan ini menjadi terkenal, bahkan secara tidak disangka-sangka menyebar hingga ke forum-forum lain, seperti Facebook, Blogger, hampir semuanya menggunakan sapaan agan.

Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet
Kaskuser lain heboh di dinding profil milik agan hitlerz
Mungkin kata 'gan' mengandung keramahan dan kesopanan, sehingga orang lebih suka memakai kata gan daripada bro atau bos, dan sebagainya.

Walaupun dipercaya bahwa asal usul kata agan, gan, dan juragan ini dari akun ID hitlerz, tapi belum bisa dikonfirmasikan secara langsung pada akun ini karena sudah jarang nongol di kaskus. Terakhir aktif pada tahun 2014. Kemungkinan si pemilik ID memakai akun lain.

Ada Yang Tidak Sependapat

Di lain sisi, ada kaskuser yang tidak setuju dengan pernyataan bahwa kata 'agan' dipelopori oleh akun ID hitlerz. Kaskuser itu bernama garuk kepala.

Dia mengaku bahwa kata 'agan' sudah ada sebelum tahun 2004, menurut pengakuan saudaranya yang aktif sejak tahun 2003.

Terlepas dari siapa yang menemukannya, setidaknya kita sudah dapat mengambil kesimpulan. Kata 'agan' dan 'gan' asalnya dari kata 'juragan' yang sudah ada di tahun 2003-2004.

Kata 'Gan' dan 'Agan' Zaman Sekarang

Kata 'gan' kalau zaman dahulu artinya 'juragan'. Tapi sekarang kata 'gan' sering digunakan untuk memanggil atau menyebut orang lain di internet, seperti kata sob, bro, mas, mbak, sis, dan semacamnya.

Contoh:
  • "Gimana cara pakenya gan?"
  • "Ane pengen beli barang ente yang kemarin gan. Kirimnya kemana?"
  • "Ente keren gan. Hidup agan hitlerz."
Kata 'agan' merupakan kependekan dari kata 'juragan'. Maknanya mungkin sama saja, cuma kata 'agan' lebih global, bisa untuk merujuk pada orang di sekitarnya seperti teman, anggota forum, orang yang diajak bicara, dan semacamnya.

Contoh:
  • "Agan sudah berapa lama reseller produk ini?"
  • "Agan pengen tahu caranya tidak?"
  • "Agan hitlerz salah satu sesepuh di Kaskus."
Itulah asal usul kata gan dan agan. Ternyata asal usulnya menarik juga ya. Sekarang istilah ini menjadi istilah yang sangat indonesia sekali. Hanya di Indonesia ada istilah seperti ini. Kita harus bangga dengan produk bangsa.
Inilah Asal Usul Kata Gan dan Agan di Internet Reviewed by frank ucup on 5:15:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.