Top Ad unit 728 × 90

Arti Dan Sejarah Istilah Baper Dalam Bahasa Gaul

Anak jaman sekarang siapa tidak kenal dengan istilah baper? Istilah ini sering sekali disebut-sebut oleh manusia di seantero Indonesia. Di TV ada yang bilang kata 'baper', di media sosial apalagi, lebih banyak yang menggunakan kata 'baper' ini.

Jika anda belum tahu arti dari kata 'baper', baca terlebih dahulu penjelasannya di bawah ini. Sekaligus, anda bisa mengerti asal usul dan sejarah istilah gaul ini.

Baper adalah singkatan dari kata 'bawa perasaan'. Secara harfiah susah dipahami yah? Kemudian konteksnya di mana? Bukannya perasaan itu selalu di bawa ke mana-mana.

Makan bawa perasaan, mandi bawa perasaan, pacaran bawa perasaan, hingga sekolah pun bawa perasan. Karena jika perasaan tidak di bawa, hidup menjadi tidak ada rasanya.

Tapi arti dari kata 'baper' bukan di situ tempatnya. Baper adalah istilah yang digunakan ketika seseorang mengikutsertakan perasannya di momen atau tempat yang tidak semestinya.
Arti Dan Sejarah Istilah Baper Dalam Bahasa Gaul
Contoh kata 'baper'
Misalkan, anda lagi lihat kucing cantik jalan sama kucing ganteng di jalan. Kemudian anda jadi bawa perasaan anda tentang kenangan bersama mantan pacar, hanya karena melihat ada makhluk hidup lain yang bergandengan, lantas anda merasakan apa yang mereka rasakan, maka itu tandanya anda sedang baper.
Arti Dan Sejarah Istilah Baper Dalam Bahasa Gaul
Contoh kata 'baper'
Adapun satu program televisi di salah satu saluran televisi nasional yang berjudul 'baper' itu bukan berarti ceritanya tentang bawa perasaan. Pasalnya, tidak ada dalam acara tersebut yang mengaitkan dengan peristiwa baper. Mungkin, menurut saya, acara itu mengambil nama 'baper' karena di kehidupan masyarakat zaman sekarang istilah tersebut sedang ngetren.
Contoh lain:
  • Nonton film Titanic, jadi baper.
  • Lihat penari Jawa mengiringi kedua mempelai, kapan aku diiringi? Jadi baper deh.
  • A: Aku suka kucing ku sesuka aku padamu.
    B: Baper deh kamu.  
  • Pokemonnya lucu-lucu. Jadi baper sama si dia.

Penemu Kata Baper

Sejarah kata baper sangat misterius. Sampai saat ini, di Google tidak ada artikel yang mengulas tentang bagaimana dan siapa penemu kata 'baper' ini. Jika dicari dan ditelisik di pencarian Google, hanya ada satu atau dua artikel yang membahas tentang asal usul kata baper. Itu pun ulasannya dalam bentuk cerita pendek yang berbentuk parodi saja.

Dalam parodi tersebut, asal usul kata baper berasal dari kata 'Mbak Per', sebutan untuk memanggil 'Mbak Princess'. Cerpen itu menceritakan tentang kerajaan dan bagaimana asal usul kata 'baper'.

Karena dalam mengucapkan 'Mbak Per' relatif sulit, maka ejaannya disempurnakan menjadi 'Baper'. Itu versi lucu atau jenakanya.

Bicara soal sejarah yang menyangkut linguistik dan filologi, hingga saat ini belum diketahui asal usul kata tersebut secara historis. Tapi, penciptanya atau pelopornya pasti ada. Mungkin dia tidak menunjukkan konsistensinya di dunia maya, sehingga para pencari sumber dari Google susah menjangkaunya.

Seandainya penemu kata 'baper' membaca artikel ini, dan dengan baik hati mengungkapkan secara jujur di kolom komentar bagaimana kata 'baper' ini dimulai, maka pembaca lainnya pasti akan merasa tuntas dengan ke-kepoan-nya terhadap sejarah kata 'baper' ini. 

Selain itu, saya juga sebagai manusia yang haus ilmu jadi sedikit-sedikit bisa menyerap pengetahuan sejarah kata 'baper' dan pastinya si penemu mendapatkan balasan yang setimpal.

Jadi, kesimpulannya, baper adalah kata atau ungkapan yang digunakan untuk mengekspresikan perasaannya yang ikut terbawa pada momen-momen yang tidak pas. Penemu dan asal usul kata 'baper' juga masih sumbang, masih menjadi misteri. Semoga cepat diketahui sehingga bisa dijadikan tokoh kecil-kecilan di dunia Makna Istilah seperti halnya penemu kata 'agan'. Sekian dan terima kasih.
Arti Dan Sejarah Istilah Baper Dalam Bahasa Gaul Reviewed by frank ucup on 1:03:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.