Top Ad unit 728 × 90

Apa Itu Istilah April Mop?

Apa Itu Istilah April Mop?
Hampir semua umat manusia zaman sekarang pernah mendengar kata April Mop bukan? Entah itu dari media sosial, dari film, dari siaran televisi, atau mungkin dari teman sendiri.

April Mop itu apa sih? Apakah April Mop berhubungan dengan bulan April? Lantas apa arti dari kata April Mop ini? Simak ulasan di bawah.

April Mop adalah tradisi menjahili, membuat lelucon, iseng, membohongi, menipu orang lain seperti teman, sahabat, dan keluarga dengan tujuan bersenang-senang tanpa merugikan antar pihak. April Mop ini harusnya tidak berbahaya karena hanya untuk lucu-lucuan saja. Dalam satu sisi, April Mop ini membangun kemesraan antar teman agar semakin akrab.

April Mop berasal dari budaya Eropa yang Bahasa Inggris-nya adalah April Fools' Day. April Mop ini selalu diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya di seluruh dunia. Sampai sekarang belum diketahui secara pasti asal budaya tersebut diciptakan.

Arti Harfiah

Dalam Bahasa Inggris, kata fool berarti dua macam. Sebagai kata benda dia berarti bodoh, pandir, atau dungu. Sedangkan sebagai kata kerja, fool berarti mengejutkan, membodoh-bodohi seseorang. Seperti halnya dalam kalimat don't make fool of me yang artinya jangan mempermalukan aku.

Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, April Mop memiliki unsur kata mop yang menurut KBBI berarti lelucon. Itulah sebabnya kata April Fools menjadi April Mop dalam Bahasa Indonesia.

Di beberapa negara, April Mop dilakukan oleh orang-orang sebelum siang hari. Jika sudah lewat siang hari, maka orang-orang akan lega karena jika ada lelucon yang dilontarkan kepadanya sudah tidak dianggap sebagai April Mop lagi.

Peristiwa Lucu di Hari April Mop

Saking mendunianya April Mop ini, dan saking menyerapnya di benak orang-orang, membuat mereka tidak percaya dengan peristiwa yang terjadi pada 1 April. Seakan-akan peristiwa itu hanya April Mop saja. Padahal sesungguhnya nyata, seperti yang terjadi di Hawaii dan Alaska.

Pada 1 April tahun '46 lalu, terjadi sebuah gempa bumi dahsyat yang membuat laut di sekitarnya berhamburan menciptakan tsunami. Alhasil, banyak merenggut korban jiwa hingga mencapai 165 orang.

Setelah berita itu menyeruak ke berbagai penjuru, karena terjadi pada awal bulan April, orang-orang sempat tidak percaya dan mengiranya sebagai April Mop.

"Ah, palingan April Mop", mungkin seperti itu respons orang-orang pada saat itu.

Bahkan, karena kepopuleran berita tentang orang-orang mengira bahwa bencana itu hanyalah April Mop, kini insiden bencana tersebut lebih dikenal sebagai Tsunami April Mop.

Cara Melakukan April Mop

Di sini penulis tidak menyuruh pembaca untuk melakukan April Mop secara berlebihan yang dapat membahayakan orang lain. Jadi, penulis hanya memberitahukan seperti apa sih tipuan yang dilakukan sama orang-orang nakal?

Jadi, untuk membuat April Mop, begini caranya:
  1. Siapkan hal yang dapat menjahili teman anda. Misalkan anda menempelkan stiker atau kertas yang direkatkan di bawah mouse teman anda. Dengan begitu, mouse tidak akan bekerja karena sinar merahnya tidak dapat mendeteksi pergerakan mouse.
  2. Pancing teman anda agar dia terjebak dalam tipuan anda. Misal, suruh dia mengecek flashdisk anda di komputernya. Sehingga dia akan menggerakkan mouse-nya untuk membuka flashdisk anda di komputer. Dan sayangnya dia tidak bisa menggerakkan kursor mouse-nya. Dia akan mengira bahwa mouse-nya sudah rusak, padahal karena infra red-nya ditutupi dengan kertas.
  3. Ketawakan teman anda. Langkah terakhir yang paling penting dalam pembuatan April Mop adalah menertawakan teman anda.
Apa Itu Istilah April Mop?
Keisengan April Mop
Itulah pengertian dari April Mop atau April Fools. Ternyata April Mop itu artinya nakal juga ya. Semoga membantu teman-teman semua yang penasaran dengan pengertian April Mop.
Apa Itu Istilah April Mop? Reviewed by frank ucup on 11:23:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.