Top Ad unit 728 × 90

Arti Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang dalam Bahasa Sunda!

Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang
Pernahkah anda mendengar istilah Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang? Istilah tersebut berasal dari Bahasa Sunda dan memiliki makna filosofis yang dalam. Istilah ini merupakan peribahasa tersohor dari Jawa Barat. Kadang kala istilah ini juga disebut juga sebagai Ngiring Jabung Tumalapung atau Ngiring Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang.

Lantas ada apa dengan peristilahan peribahasa tersebut? Kenapa kami membahas arti dari istilah tersebut? Jawabannya simple, yaitu karena maknanya yang menarik.

Apa artinya?

Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang adalah peribahasa yang berasal dari Basa Sunda dan secara literal bermakna,
Turut campur dalam pembicaraan orang, padahal dia tidak terlalu paham dengan urusannya dan bersifat memotong pembicaraan orang tersebut.
Frasa peribahasa Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang biasa digunakan dalam acara-acara atau pertemuan formal maupun informal seperti dalam naskah pidato, drama, dan sejenisnya. Ataupun anda juga dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu apa makna filosofis dari peribahasa tersebut?

Secara filosofis, peribahasa Ngiring Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang bermakna agar kita tidak memotong pembicaraan orang, tidak asal nimbrung mengenai topik yang kita tidak tahu, dan perbanyaklah mendengar ketimbang hanya berbicara saja. Jangan cuma mengandalkan kepedean saja. Pede memang penting, tapi harus diimbangi dengan pengetahuan, agar tidak menyebabkan peristiwa Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang.

baca juga : bahasa ngapak

Pelajaran yang dapat kita petik

Berikut pembelajaran yang dapat kita ambil dari peribahasa Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang:
  1. Jangan asal nimbrung pembicaraan orang tanpa tahu topik dan informasinya.
  2. Memberikan toleransi kepada orang dan jangan merampasnya seenaknya saja.
  3. Belajarlah untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan kita tentang suatu perkara.
  4. Jangan sok tahu tentang suatu perkara.
  5. Berlatih mendengarkan dan menghargai orang berbicara sebelum menyela atau mendapat giliran berbicara.
Ternyata ada banyak hal yang dapat kita petik. Pembelajaran dari peribahasa di atas adalah hasil interpretasi kami, anda bebas memaknainya berdasarkan cara pandang anda. Silakan tambahkan sendiri jika perlu.

Itulah arti dari Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang yang berhasil saya gali dari berbagai informasi. Peribahasa tersebut juga kadang bisa ditemui dalam kurikulum Bahasa Sunda di sekolah-sekolah (khususnya di Jawa Barat).
Arti Jabung Tumalapung Sabda Kumapalang dalam Bahasa Sunda! Reviewed by frank ucup on 4:47:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.