Top Ad unit 728 × 90

Arti Gilar-Gilar Pada Semboyan Kota Banjarnegara

Arti Gilar-Gilar Pada Semboyan Kota Banjarnegara
Banjarnegara adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang khas dijuluki sebagai kota Gilar-Gilar. Seperti halnya kota-kota lain juga mempunyai slogan masing-masing, seperti "Wonosobo Asri", "Jakarta Beriman", dan "Magelang Gemilang", tak terkecuali "Banjarnegara Gilar-Gilar".

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan "Gilar-Gilar" pada semboyan kota Banjarnegara? Beberapa orang menafsirkannya bermacam-macam. Seperti contohnya sebagai berikut:

Makna Menurut Peraturan Daerah

Menurut Peraturan Daerah Tingkat II Banjarnegara Nomor 21 Tahun 1990 tentang Semboyan Kehidupan Masyarakat, gilar-gilar merupakan slogan yang mewakili sembilan aspek kehidupan mencerminkan cita-cita kota Banjarnegara. Aspek tersebut yakni:
"Bersih, Tertib, Teratur, Indah, Aman, Nyaman, Tenteram, Sopan, Sehat"

Makna Menurut Masyarakat

Dalam salah satu blog yang mengulas tentang kota Banjarnegara, seorang netizen menuturkan bahwa makna dari kata 'gilar' sendiri adalah bersih dan rapi. Sedangkan arti frasa 'gilar-gilar' mempunyai makna kemakmuran. Jadi, semboyan tersebut mewakili tujuan kota Banjarnegara yaitu demi mencapai kemakmuran masyarakatnya.

Itulah makna dari kata 'Gilar-Gilar' pada slogan kota Banjarnegara. Jika anda mempunyai pendapat tentang arti dari semboyan tersebut, sempatkan diri anda untuk ikut urun pendapat melalui kolom komentar. Terimakasih banyak!
Arti Gilar-Gilar Pada Semboyan Kota Banjarnegara Reviewed by frank ucup on 6:50:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.