Friday, December 4, 2015

Apa Itu Istilah Revolusi Mental?

apa revolusi mental
Mungkin anda pernah mendengar istilah "Revolusi Mental" melalui berbagai media seperti surat kabar, televisi, atau bahkan dari teman sejawat. Apa sih sebenarnya Revolusi Mental itu? 
Revolusi Mental adalah konsep program yang bertujuan merubah mentalitas masyarakat kearah yang lebih baik secara besar-besaran.

Awal Mula Istilah Revolusi Mental

Berdasarkan situs Business Center FKUM, istilah Revolusi Mental sudah ada sejak zaman presiden pertama Ir. Soekarno, yaitu ketika beliau berpidato pada Hari Proklamasi tahun 1962 yang lalu. Beliau menyampaikan pidatonya bahwa masyarakat Indonesia saat itu belum mencapai keadaan revolusi mental.

Kemudian istilah tersebut dihembus-hembuskan kembali oleh Presiden ke-7 Joko Widodo sebagai suatu konsep program untuk merevolusi mentalitas masyarakat.

Arti Secara Harfiah

Istilah "Revolusi Mental" berasal dari dua suku kata, yakni 'revolusi' dan 'mental'.

Arti dari 'Revolusi' adalah sebuah perubahan yang dilakukan dengan cepat dan biasanya menuju kearah lebih baik. Beda dengan evolusi, yang mana perubahannya berlangsung lambat.

'Mental' memiliki arti yang berhubungan dengan watak dan batin manusia. Adapun istilah mentalitas menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bermakna aktivitas jiwa, cara berpikir, dan berperasaan.

Maka, istilah "Revolusi Mental" dapat ditafsirkan sebagai aktivitas mengubah kualitas manusia kearah yang lebih bermutu dan bermental kuat dalam berbagai aspek dengan jangka waktu yang cepat.

Itulah arti singkat dari Revolusi Mental. Anda dapat membagikan informasi ini kepada teman-teman anda. Perluas wawasan anda dengan membaca. Akhirul kata, saya sajikan quote dari Joko Widodo tentang Revolusi Mental, yakni:
Satu hal yang kita butuhkan adalah Revolusi Mental dari negativisme kearah positivisme.

0 komentar:

Post a Comment