Top Ad unit 728 × 90

Intepretasi Isi Teks Anekdot

Teks prosedur kompleks terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Penutup umumnya berisi kesimpulan maupun saran-saran. Jika teks itu dalam bentuk artikel, ketiga hal tersebut dalam bentuk paragraf. Teks prosedur kompleks dalam bentuk paragraf tentu lebih panjang lebar uraiannya dibandingkan dalam bentuk tahap-tahap yang lebih sederhana. Kedua bentuk itu tetap mempunyai persamaan yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup selalu ada pada bagian awal tulisan, tengah, dan akhir. Langkah atau bagian yang paling banyak tentu pada bagian isi atau pembahasan.
Teks prosedur kompleks yang ditulis secara runtut, sistematis, lebih mudah memandu seseorang untuk membuat, melakukan suatu pekerjaan lebih baik. Dengan kata lain seseorang yang mau membaca cermat lalu melaksanakan dengan benar setiap prosedur kompleks dalam bidang apa pun akan lebih berhasil pekerjaannya.
Perhatikan!

Cermati salah satu contoh kutipan artikel berikut.
Sampai saat ini masih banyak warga masyarakat yang mengadakan acara tujuh bulanan untuk para istri yang baru hamil pertama kali 1). Terutama di lingkungan masyarakat Jawa hal ini masih sering dilaksanakan 2). Tujuan ritual tujuh bulanan atau mitoni sebenarnya sangat baik yaitu mohon kesehatan, keselamatan agar si jabang bayi kelak lahir sehat 3). Si ibu diberi kesehatan dan kekuatan selama masa kehamilan hingga melahirkan 4). Jabang bayi yang lahir diharapkan kelak menjadi manusia yang berbudi pekerti mulia, berguna bagi keluarga, nusa dan bangsa 5). Anak diharapkan dapat menjadi kebanggaan keluarga dan menjadi contoh bagi generasi muda seusianya 6). Itulah sebabnya harapan ini sering digambarkan dengan lukisan Rama Shinta 7). Lukisan itu dibuat pada sepasang kelapa gading yang kulit luarnya berwarna kuning muda 8). Harapannya adalah sang anak yang lahir berkarakter seperti tokoh Rama yang mengutamakan kepentingan negara, sanggup memerangi kejahatan dan membela yang lemah 9).
Mari Kita Interpretasi!
Bagian pendahuluan teks tersebut adalah kalimat ke-1 dan ke- 2.
Bagian isi kalimat ke-3 sampai ke-7.
Bagian penutup adalah kalimat ke-8 dan ke-9.

Contoh interpretasi dari teks di atas
Warga masyarakat Jawa banyak yang masih menjalankan tradisi mitoni atau tujuh bulanan bagi ibu hamil. Tradisi itu ternyata memiliki makna yang dalam. Tradisi itu dilaksanakan sebagai rangkaian doa memohon kesehatan dan kebaikan pada Tuhan. Selain itu, ada harapan yang sangat tinggi terhadap jabang bayi dalam tradisi itu. Orang tua berharap anak yang akan terlahir berkarakter seperti tokoh pewayangan Rama. Karakter itu adalah mengutamakan kepentingan negara, sanggup memerangi kejahatan, dan melindungi yang lemah. Sungguh harapan yang luar biasa.
Intepretasi Isi Teks Anekdot Reviewed by frank ucup on 5:10:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.