Top Ad unit 728 × 90

Mengenal Jenis-Jenis Batu Akik

Saat ini harus kita akui bahwa kita sedang berada dalam era jamannya batu Akik. Dimana-mana orang ngobrolin tentang batu akik, entah di kantor tempat kerja, di pasar, di rumah dan lain sebagainya. Hadirnya berbagai jenis batu Akik telah menghipnotis para penggemar batu untuk berburu batu akik yang diidam-idamkan. Demam batu akik kini kian semakin terasa, ga cuma orang-orang dewasa yang terhipnotis indahnya batu akik, kini anak-anak SD pun mulai mengemari bebatuan yang memiliki ciri khas tersebut.
Tahukah Anda bahwa batu akik dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, mungkin hanya Jakarta yang tidak memiliki batu akik. Batu-batu tersebut memilik warna dan motif-motif yang unik dan menawan. Biasanya setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Berikut akan disampaikan beberapa jenis batu akik yang terkenal di indonesia.
1)   Batu Akik Kalimaya
Batu akik asal Maja, Kabupaten Lebak ini memiliki karakteristik berlainan dengan batuan lainnya. Batu akik hasil 'fermentasi' alam ini harganya mencapai 2.500 dollar/karat dan juga masuk dalam jajaran sepuluh batu mulia termahal di dunia. Konon batu ini nama aslinya adalah Kali Maja sebab batu ini berada di dalam sungai atau kali yang berada di Maja.
2)  Batu Akik Red Rafflesia
Batu akik red rafflesia berasal dari bengkulu. Batu permata red rafflesia ini diketahui beberapa kali memenangi kontes batu akik Nusantara hingga menjadi incaran dan juga buruan para pencinta batu akik. Batu cincin red rafflesia memiliki warna khas selayaknya bunga rafflesia.
3)  Batu Akik Sisik Naga Enrekang

Batu akik sisik naga khas Enrekang, Sulawesi Selatan,Salah satu jenis yang langka adalah batu sisik naga bercorak emas. batuan alam yang termasuk kelompok septarian noudles itu lebih keras ketimbang batu akik jenis lainnya. Saat digerinda, batu ini sangat keras, mirip besi. Warga Enrekang, Sulawesi Selatan, menduga sisik naga motif baru ini mengandung emas meskipun belum dibuktikan secara ilmiah.

4)  Batu Akik Pirus Besi
Batu akik pirus besi berjenis Badar atau dengan nama lain biasa disebut Black and White Obsidian. Batu yang memiliki tingkat kekerasan mineral 4,5 skala mohs ini, ditemukan di Ampana, Kabupaten Tojo Unauna oleh komunitas batu akik Tadulako Gemstone Palu. Batu ini memiliki keunikan tersendiri dari pelbagai batu akik jenis Badar yang bisa ditemukan di beberapa daerah di tanah air, khususnya di Bacan. Keunikannya terlihat dari serat-serat yang ada di dalam batu, karena memunculkan corak yang sangat khas dan jika disandingkan bersama magnet akan menyatu. 

5)  Batu Giok Natural Gold

Batu giok natural gold berasal Tanah Gayo Aceh. Batu ini ditemukan di sebuah sungai pedalaman Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Batu ini dominan berwarna kuning emas. Batu giok natural gold dengan kadar kekerasan di atas tujuh skala mohs ini termasuk salah satu batu langka dan unik, sehingga wajar harganya mahal.

6)  Batu Bacan
Batu bacan merupakan jenis batu yang diperoleh dari Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku. Batu bacan memiliki beragam warna, bahkan suhu tubuh manusia bisa memengaruhi keindahan batu bacannya. Suhu tubuh bisa mempengaruhi proses kematangan batu bacan yang dipakai, semakin panas suhu tubuh, maka semakin matang batu bacannya. Ketenaran batu Bacan membuat petinggi negara seperti Presiden Barack Obama, Susilo Bambang Yudhoyono hingga Sultan Brunei mempergunakan batu bacan. Harga batu bacan pun memiliki nilai beragam, bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran. 

7)  Batu Akik Spritus
Batu akik jenis biru langit atau yang lebih dikenal dengan nama spritus, banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Batu jenis spritus asal Baturaja ini masuk kategori kalsedon. Batu ini dikenal juga dnegan nama Blue Sky.  Masyarakat lokal mengenal pula dengan nama “Batu Spiritus” lantaran warnanya biru seperti spiritus, yang biasa digunakan untuk lampu api. Meskipun tidak masuk dalam 10 besar batu mulia yang terkenal di dunia, tapi skala mosh Blue Sky mencapai angka 7, melebihi batu Kalimaya dan Kecubung. 

8)  Batu Hijau Garut

Batu ini berasal dari Garut, Jawa Barat di Gunung Bungbulang. Batu Garut dengan warna hijau khas yang tidak ada duanya ini  dapat memancarkan cahaya terang, apabila disorot cahaya dari bawah cincinnya. Serat batu hijau yang tampak di dalam terlihat indah seolah awan yang terjebak di dalam batu. 

9)  Batu Bulu Macan
Batu Bulu Macan masuk kategori batu akik atau agate. Batu ini, juga termasuk satu dari beberapa batu akik Indonesia yang pamornya sudah terkenal ke seluruh dunia. Batu bulu macan berasal dari daerah Jawa Timur sekitar Lumajang dan Jember. Disebut bulu macan, karena batu ini bisa mengeluarkan warna seperti bulu macan. 
10)  Batu Giok Lumut Aceh
Batu Giok Lumut berasal dari kampung yang juga bernama Lumut di Kecamatan Linge, Aceh Tengah. jenis Giok Lumut memiliki karakter warna hijau tua, dan menurutnya begitulah warna giok yang sebenarnya. Giok Aceh mempunyai ciri khas, jika dipegang terasa dingin.  

11)  Batu Cempaka Lavender
Batu cempaka lavender ini disebut-sebut banyak terdapat di Aceh Jaya. Warnanya ungu, seperti bunga lavender. Jika disenter, cahayanya masuk ke dalam lantaran berwarna bening transparan. 
Mengenal Jenis-Jenis Batu Akik Reviewed by frank ucup on 7:23:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.