Monday, July 6, 2015

Makanan yang Bikin Awet Muda

Siapa yang ingin terlihat lebih tua? Pasti ga mau donk dibilang lebih tua belum pada waktunya. Atau mungkin bahkan ingin selalu terlihat muda meskipun umur sudah ga muda lagi. Tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang bikin awet muda. Jika ga mau dikatakan tua, mungkin artikel ini bisa dijadikan salah satu referensi yang dapat Anda terapkan. 
Penuaan dini akhir-akhir ini banyak terpicu dari makin banyaknya pencetus zat radikal bebas yang terdapat dari asupan harian nutrisi kita. Entah itu makanan, minuman atau bahkan juga disebabkan oleh gaya hidup (merokok) menjadi faktor pencetus utama hadirnya zat radikal bebas yang berujung pada penuaan dini atau bahkan lebih mengerikannya lagi yakni munculnya penyakit degeneratif yang fatal, misalnya diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, osteoporosis ataupun bahkan dapat menyebabkan juga kondisi kegagalan organ tubuh.
Karena difosir bekerja mencerna asupan yang tidak ideal dan tidak menyehatkan, tak ayal tubuh menjadi lebih tua dari usia seharusnya. Tidak hanya terlihat pada penampilan di luar, tapi juga kondisi organ di dalam yang semakin menurun vitalitasnya.
Akan tetapi jangan khawatir, Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD pada suatu kesempatan menyampaikan beberapa tips makanan-makanan yang melawan zat radikal bebas, yang dapat mencegah penuaan dini. Berikut daftar makanan-makanan yang dimaksud!
1.  Buncis
     Jangan singkirkan warna hijau dari piring Anda, dan mulailah mengkonsumsi buncis.

Buncis

2.  Bawang Putih
     Bumbu   masakan   yang    berbau   khas ini   sangat   berguna   bagi   kesehatan   dan   juga   dapat  meningkatkan imunitas tubuh.
Bawang Putih
3.  Teh Hijau
    Minuman yang populer di negeri Sakura ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan paling baik dikonsumsi tanpa gula tentunya.

Teh Hijau
4.  Merica
    Selain mengandung antioksidan yang tinggi, merica juga mengandung mineral tinggi seperti zat besi.
Merica
5.  Tomat
     Dengan kandungan vitami C dan vitamin A yang tinggi, tomat menjadi salah satu pilihan makanan paling sehat.
Tomat
6.  Kacang-kacangan
    Kita dianjurkan  mengkonsumsi  kacang-kacangan   sebanyak 1 mangkok per hari. Akan tetapi, hindarilah kacang-kacangan yang digoreng dan pilihlah kacang yang dipanggang atau direbus.
Kacang-Kacangan
7.  Wortel
     Meskipun   tidak   terbukti   mengurangi mata minus, akan tetapi mengkonsumsi vitamin A tinggi yang terdapat pada wortel akan membantu menjaga kesehatan kita.
Wortel
8.  Pepaya
     Buah ini merupakan sumber serat dan nutrisi yang baik, yakni vitamin A, vitamin C dan Folat.

Pepaya
9.  Jeruk
   Sebagai sumber vitamin C tinggi, jeruk sebaiknya menjadi bagian dari asupan makanan kita sehari-hari.
Jeruk

10.  Kurma
       Buah ini terkenal saat bulan Ramadhan, tetapi sebenarnya juga baik dikonsumsi sehari-hari.

Kurma
11.  Apel
       Buah apel yang tinggi vitamin A ini sebenarnya paling baik dikonsumsi dengan kulitnya.

Apel
12.  Brokoli
       Sayuran hijau ini selain tinggi antioksidan juga tinggi kadar kalsiumnya.

Brokoli
13.  Kubis
       Sayuran ini merupakan sumber serat yang tinggi dan juga tinggi beta karoten.
Kubis


0 komentar:

Post a Comment