Top Ad unit 728 × 90

Istilah Dalam 9Gag Yang Perlu Kamu Ketahui

terminologi 9gag, istilah 9gag

9GAG.com adalah website populer berbahasa inggris yang menyajikan gambar lelucon dan kebahagiaan. Popularitas 9Gag juga sudah merambah ke Indonesia, diikuti oleh 1CAK.com dari Indonesia yang disinyalir terinspirasi darinya

Banyak sekali istilah 9Gag yang sering digunakan oleh penikmat 9Gag (9Gagger).

Berdasarkan beberapa sumber, istilah 9Gag sendiri terdiri dari "9" diperoleh dari bahasa kantonis yang berbunyi "gau", dan diikuti "gag", dibaca "gau-gag". Dalam bahasa slang, istilah tersebut kurang lebih memiliki makna "Ngelucu" atau "Berlelucon". 

Menurut pendapat lain, nama 9Gag diperoleh karena pada awalnya website tersebut hanya terdapat sembilan gambar lelucon ditutup dengan "Want more fun" yang jika diklik akan memunculkan lelucon lainnya.

Adapun istilah-istilah yang digunakan dalam 9Gag sangat beragam. Namun tidak semua istilah yang digunakan dalam 9Gag murni tercipta dari 9Gag, ada yang diambil dari bahasa slang internet. Biasanya istilah tersebut digunakan oleh para komentatornya di media sosial. Sebenarnya istilah tersebut lebih mirip frase kata yang memiliki makna tersendiri. Berikut adalah istilah dalam 9Gag beserta maknanya:
  1. YOLO

    Artinya You Only Live Once, hidup hanya satu kali.
  2. Dafuq

    Sama dengan What The Fu*k yang artinya mirip dengan "apa..????????????"
  3. SWAG

    Singkatan dari Scientific Wild Assed Guess, kira-kira artinya perkiraan yang dilakukan oleh seorang ahli di lapangan.
  4. Nigga

    Panggilan untuk kaum Negro.
  5. "I'm forever alone and I find this offensive"

    Forever alone identik dengan kesendirian (tidak punya teman, bahkan pacar). Ketika ada postingan yang membahas tentang "forever alone", biasanya ada komentator mengatakan ini yang artinya Saya seorang forever alone dan saya merasa tertekan (oleh lelucon terkait).
  6. 9blabla (ex: 9Brain, 9Cat, 9Baby, dan seterusnya)

    9Gag memiliki istilah "9blabla" seperti contohnya 9Brain, 9Hero, 9Cat yang biasanya dituliskan oleh komentator berkaitan dengan leluconnya. Ini maksudnya bahwa lelucon tersebut berhubungan dengan 9blabla yang ditulis.
  7. "Hello, I'm using internet explorer, I hope this comment does not come too late. Happy new year 2010!"

    Lelucon ini sangat sering muncul sebagai komentar para 9Gagger yang ingin iseng-iseng mendapat perhatian vote terbanyak. Maksud dari frasa kalimat tersebut adalah dia menggunakan browser internet explorer yang dikenal lambat dalam koneksi dan dia mencoba untuk mengucapkan selamat tahun baru, tapi baru terkirim karena saking lambatnya koneksi tersebut.
  8. Asian

    Ketika sobat melihat lelucon dari 9Gag menyebutkan tentang asian (orang asia), itu bukan bermakna rasis, tapi asian adalah ras stereotip yang cerdas. Makanya jika ada lelucon yang berkaitan dengan kejeniusan, asian sering dipakai sebagai istilah.
  9. "You've cat a kitten me right meow?"

    Merupakan sebuah frasa plesetan dari kalimat "You've gotta kidding me right now" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Kamu pasti bercanda ya". Ungkapan ini sering digunakan ketika leluconnya berkaitan dengan kucing.
  10. Plot Twist

    Sebuah ungkapan pembalikan pernyataan, seperti topik terkait dibalik menjadi tidak sebagaimana mestinya layaknya suatu cerita yang berjalan linier. Contohnya: Adi memiliki handphone mahal, Plot Twist: Handphone mahal itu pinjam milik kakaknya.
Ternyata istilah dalam 9Gag bermacam-macam ya. Tapi saya yakin masih banyak istilah yang belum bisa dicantumkan disini karena istilah-istilah baru muncul seiring perkembangan bahasa. Jika sobat menemukan istilah baru, sobat bisa ikut berkontribusi dengan mencantumkannya lewat komentar. Saya akan sangat mengapresiasi dan pembaca jadi lebih banyak wawasannya. Terimakasih.
Istilah Dalam 9Gag Yang Perlu Kamu Ketahui Reviewed by frank ucup on 9:17:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.