Top Ad unit 728 × 90

Destinasi Wisata di Lombok Utara

Pulau Lombok merupakan salah satu daerah yang kaya akan tempat-tempat berwisata. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya jumlah turis-turis asing dari berbagai negara yang menjadikan pulau Lombok sebagai destinasi wisata mereka. Tidak hanya menjadi peminat turis asing, tetapi juga menjadi tempat wisata keluarga bagi masyarakat lokal. Kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu daerah yang memiliki keindahan tempat-tempat wisata di Pulau Lombok. Keindahan pantai dan gemercik air terjun menjadi anugerah terindah dari Tuhan untuk kita nikmati. Berikut akan diulas beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi lokasi liburan bagi keluarga dan kerabat Anda. Karena sungguh sangat disayangkan apabila pemeberian Tuhan ini tidak kita nikmati. 

1.  Gunung Rinjani
   Gunur Rinjani dapat  dijadikan salah satu pilihan untuk mengisi waktu libur Anda. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 m dpl ini memiliki daya tarik yang luar biasa, keindahan alamnya akan memanjakan mata tat kala kita berada di puncaknya. Sebab gunung yang terdapat di Pulau Lombok ini memiliki sebuah danau yang sangat indah, yang bakalan membuat Anda betah untuk berlama-lama di sana. Danau tersebut diberi nama "Danau Segara Anak". Anda juga bisa berendanm dan memancing ikan di Danau tersebut. Selain itu disekitar danau terdapat dataran yang cukup luas yang bisa dijadikan tempat untuk berkemah. Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. 
  
2.  Air Terjun Senang Gila
  
Air Terjun Sendang Gila atua kadang juga disebut air terju Senaru merupakan destinasi wisata yang paling  populer di kawasan taman nasional Gunung Rinjani. Air terjun dengan pemandangan alam yang sangat indah ini berada 600 meter di atas permukaan air laut. Pengunjung harus melewati jalan setapak untuk menuju air terjun ini. Rute perjalanan dimulai dari Desa Senaru. Aksesnya tidak terlalu sulit dan hanya dibutuhkan waktu tempuh 20 menit saja untuk dapat sampai di air terjun ini.
Namun jika ditempuh dari Kota Mataram, pengunjung harus menempuh waktu perjalanan yang cukup lama, yaitu 2 jam. Sesampainya di air terjun ini, para pengunjung akan disuguhi dengan air terjun setinggi 31 meter lengkap dengan pemandangan hijau nan sejuk dan segar di sekelilingnya. Nuansa alami begitu kental di sini. Cocok sekali untuk anda yang merindukan suasana tenang dan dekat dengan alam.
 
Apalagi suasana dingin akibat percikan air dari air terjun menjadikan tubuh dan pikiran terasa nyaman dan  damai. Ada yang unik dari objek wisata alam yang satu ini, yaitu anak tangga sebanyak 315 buah yang disusun sebagai akses untuk menuju ke air terjun ini. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk menuruni anak tangga ini hingga sampai di ujung tangga. Kemudian para penduduk lokal juga percaya bahwa air pada Air Terjun Sendang Gila ini dapat menjadikan siapapun yang membasuh atau meminumnya akan terus awet muda.

3.  Air Terju Tiu Kelep

   Air terjun Tiu Kelep juga menjadi salah satu tempat wisata yang populer yang sering dikunjungi oleh para wisatawan asing. Air terjun ini sangat terkenal dengan kejernihan dan kesegaran airnya. Bayangkan hal ini tentu sangat baik jika kita mandi di air terjun ini. Dari kejauhan saja, para pengujung sudah disuguhkan dengan nyanyian gemercik air terjun. Lokasi hutan yang masih cukup lebat menjadi daya tarik tersendiri juga bagi para wisatawan. Hal ini mendambah bukti bahwa Lombok Utara memang terkenal dengan gudang air terjunnya yang indah.

4.  Air Terjun Gangga
   Air terjun yang berlokasi di Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara ini merupakan salah satu destinasi wisata air terjun pilihan bagi para wisatawan. Air Terjun Gangga terlihat begitu indah, apalagi jika kita lihat dari dari kejauhan. Terjunan air dari lereng batu di perbukitan menambah indahnya air terjun ini. Bagaimana tidak, hijaunya pepohonan yang mengelilingi air terjun serta birunya air genangan air terjun sungguh menjadi perpaduan keindahan alam yang sangat sempurna. Air terlihat berwarna biru karena memang sangat jernih. Air terjunnya sendiri terlihat begitu unik. Pasalnya terdapat 2 tingkatan dan tiga lokasi air terjun, yaitu dua buah air  terjun di atas dan sebuah air terjun di bawahnya. Pemandangan alam yang menakijubkan juga dapat dijumpai dari atas air terjun. Hamparan perbukitan, area persawahan, dan lautan lepas menjadi penyejuk mata dan penyegar pikiran para pengunjung.  Rasa lelah yang menghinggapi tubuh para pengunjung saat berangkat menuju ke Air Terjun Gangga ini akan terbayarkan dengan pemandangan dan suasana alami yang begitu menakjubkan.

5.  Air Terjun Tiu Pupus

Air terjun Tiu Pupus berlokasi di Gangga, KLU. Air terjun ini tidak terlalu jauh dari air terjun Gangga. Gemercik terjunan air pada air terjun ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu juga di bagian bawah air terjun ini terdapat genangan air yang mirip dengan kolam dengan airnya yang jenih. Sangat baik untuk dijadikan tempat wisata teruma pada musim hujam, sebab pasti akan menambah volume airnya dan akan menjadinkanya menjadi lebih indah lagi.

Para sahabat Mampir Doelu, setelah sebelumnya kita bahas tentang tempat wisata yang ada di pegunungan dan perbukitan. Kali ini kita akan bahasa keindahan pantai di Lombok Utara. Jangan salah ya guys Lombok Utara juga terkenal dengan keindahan pantainya lho. Fanorama yang indah nan memanjakan mata, menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Berikut ulasnya guys!
 
6.  Pantai Sire
Pantai Sire ini tentunya berlokasi di Sire donk, namanya juga Pantai Sire. he he.  Pantai Sire ini berpasir putih bersih dan di pinggir pantainya dipenuhi dengan barisan pepohonan. Dijamin para pengunjung tidak akan merasa bosan meski hanya menyaksikan keindahan alam bahari di Tanah Lombok ini. kejernihan air lautnya sudah pasti akan memancing anda untuk berenang, diving, dan snorkeling di pantai ini. Hamparan terumbu karang tumbuh subur di lautan dalam Pantai Sire ini. Termbu-terumbu karang ini menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya. yang unik dari Pantai Sire ini adalah aksesnya di mana sebelum pengunjung tiba di pantai ini, para pengunjung sebelumnya akan disuguhkan sebuah lapangan golf yang terbentang luas, hijau, dan indah. Tak jarang banyak pengunjung yang tertarik untuk bermain golf terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan perjalanan mereka menuju ke objek wisata Pantai Sire.

7.  Pantai Tebing
Pantai Tebing kini menambah daftar tempat wisata di Lombok Utara. Pasalnya pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai dengan pasir putihnya serta adanya tebing dipinggirnya, seakan-akan membawa para pengunjung merasakan sedang ada di gurun pasir sekaligus. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Selain itu background tebingnya bisa dijadikan untuk latar selfie. he he

8.  Masjid Kuno Bayan
Ingin berlibur sambil ingin belajar sejarah yang ada di Lombok. Saya pikir salah satu pilihan yang tepat adalah dengan mengunjungi Masjid Kuno Bayan. Masjid ini merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Lombok Utara. Dengan berlibur ke tempat ini, kita tidak hanya di suguhkan dengan bangunan-banguna tua, tetapi juga kita bisa belajar sejarah di tempat ini. Tempat ini sangat cocok untuk jadi pilihat liburan keluarga bersama anak-anak. 
Masjid Kuno Bayan  merupakan masjid tertua bagi masyarakat Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masyarakat Bayan sendiri adalah pemeluk Islam dengan campuran adat Watu Telu yang hanya bisa ditemukan di Lombok saja. Watu Telu adalah ajaran kombinasi antara ajaran Islam, elemen-elemen yang ada di ajaran Hindu, dan ajaran kepercayaan masyarakat Sasak tradisional. Masyarakat Bayan sering mengadakan upacara-upacara tradisional yang kerap mengundang minat para turis. Sebut saja upacara yang ada kaitannya dengan kegiatan bercocok tanam dan bertani. Pusat pelaksanaan upacara-upacara tradisional ini biasanya diadakan di Masjid Kuno Bayan. 

9.  Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan
Siapa yang tidak mengenal tempat wisata ini? Semua pasti sudah mengenalnya khan, pasalnya daerah wisata ini menjadi tujuan wisatawan asing yang paling sering dikunjungi. Bahkan hotel-hotel pun berjajar dengan rapi di tempat ini. Tentu hal ini menjadi faktor pendukung bagi wisatawan untuk menginap di pulau-pulau itu.
 
Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan bisa diibaratkan sebagai primadona-nya Kabupaten Lombok Utara. Ketiga Gili ini sudah pasti masuk dalam list 14 tempat wisata di Lombok Utara yang wajib dikunjungi. Gili Trawangan bahkan telah mendunia dan sering disamakan dengan beberapa wisata bahari di Pulau Dewata. Tak heran jika banyak turis, khususnya turis mancanegara yang terus berdatangan ke Gili Trawangan ini.

Di sini, para turis dapat menjumpai keindahan alam bahari serta pulau-pulau kecil. Banyak juga pusat Kabupaten Lombok Utara dapat diakses melalui jalur udara dan laut. Bagi anda yang ingin menggunakan jalur laut, anda perlu menggunakan feri untuk menyeberang dari Pulau Bali menuju ke Lombok. Sedang jalur darat bisa langsung sampai di bandar udara yang ada di Lombok. Bagaimana? Tertarik untuk segera berlibur ke Lombok Utara? Jika iya segera persiapkan segala sesuatunya agar liburan anda kelak di Lombok ini lancar dan menyenangkan.
Destinasi Wisata di Lombok Utara Reviewed by frank ucup on 3:10:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.