Top Ad unit 728 × 90

Cara Mengenali Batu Akik Asli atau Palsu

Dengan begitu tenarnya batu akik saat ini, seiring dengan menjamurnya usaha jual-beli batu akik. Bagaimana tidak, pada pecinta akik ada dimana-mana, mereka pun rela mengeluarkan pundi-pundi uang mereka demi akik. Akan tetapi, jika saat ini kita baru mulai mengenal dan demam dengan batu akik. ada beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin membeli batu akik pastikan batu itu asli dan jangan sampai membeli batu yang palsu. Berikut cara sederhana menetukan asli tidaknya batu akik.
1.  Dengan senter
   Batu akik asli ketika disenter akan terlihat adaya serat-serat. Serat-serat ini jugalah yang menentukan harga dan kualitas batu akik. Batu akik masakan tidak akan memiliki serat, dan akan terlihat jernih sekali ketika disenter. Hal ini tentunya hanya bisa dilakukan pada batu-batu yang jernih dan tembus pandang seperti bacan dan pandan. Batu alami pasti memiliki serat-serat natural dan unik, berbeda dengan buatan manusia.
2.  Dirasakan ke kulit atau pipi
     Jika dingin, maka batu akik asli.
3.  Meneteskan air
     Anda juga bisa mencoba meneteskan air ke atas batu, apabila tetesan tersebut menetap, maka batu akik tersebut sudah pasti asli. 
4.  Berat batu akik
     Hal pembeda lainnya adalah berat. Batu akik asli dan kaca bisa terasa berbeda beratnya. 
5.  Dengan smartphone layar sentuh
    Tidak perlu menginstal software apapun pada smartphone Anda, karena yang digunakan untuk mendeteksi keaslian batu akik adalah sensor sentuh yang ada di permukaan layar smartphone. Caranya gosokkan dengan lembut batu akik yang diuji di permukaan layar sentuh. Jika batuan asli maka akan ada respons pada layar sentuh. Batu akik asli berfungsi laiknya sebuah stylus pen pada smartphone layar sentuh. Sedangkan akik imitasi tidak menimbulkan reaksi apapun pada layar sentuh.
Namun meskipun sudah menunjukkan ciri-ciri seperti yang telah disebutkan diatas, tetap bukan jaminan bahwa batu itu benar-benar asli. Untuk memastikan keasliannya bisa menggunakan alat pengetes Diamond Selector yang berfungsi mengetahui tingkat kekerasan batu atau bisa melakukan uji laboratorium.
Ada juga kode-kode tertentu di kalangan pedagang tentang batu akik sintesis atau palsu. Seperti King Safir,  Retak Seribu, Catam, dan Zamrud Emerald Green. Ini merupakan kode untuk batu imitasi atau palsu.

Cara Mengenali Batu Akik Asli atau Palsu Reviewed by frank ucup on 7:45:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.