Top Ad unit 728 × 90

Artikel Nilai-Nilai Yang Dapat Digali Untuk Pendidikan Karakter Bagi Siswa Pada Puisi “MBELING” Karya Remy Silado Yang Berjudul “OLAHRAGA”.


Artikel Nilai-Nilai Yang Dapat Digali Untuk Pendidikan Karakter Bagi Siswa Pada Puisi “MBELING”  Karya Remy Silado Yang Berjudul  “OLAHRAGA”.
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengajaran Sastra
Dosen pengampu : Bakdal Ginanjar S.S


 

Disusun oleh :
Panji Pradana
092110144
VI D

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
2011/2012
Nilai-Nilai Yang Dapat Digali Untuk Pendidikan Karakter Bagi Siswa Pada Puisi “MBELING”  Karya Remy Silado Yang Berjudul  “OLAHRAGA”.

OLAHRAGA
                                          Karya: Remy Silado
Olahraga
Orang kota
Mengangkat barbell
Di fitness center

Olahraga
Orang desa
Mengangkat cangkul
Disawah ladang

Yang satu
Mencari sehat
Karena anjuran
Yang lain
Menemukan sehat
Karena terlanjur



Dalam kemasan puisi “Olahraga” pengarang tidak menitik beratkan pada tipografi puisi dan bagaimana bentuk mempengaruhi isi. Tipografinya rata kanan, akan tetapi secara makna puisi ini merupakan realita sosial dan identitas sosial masyarakat tersebut.
Secara umum pengertian makna dalam puisi Olahraga masuk ke dalam bentuk stilistiknya yang  mempermainkan dan mengadu makna satu dan yang lainnya. Secara sosiologis puisi ini memperbandingkan keadaan olahraga antara orang kota dan orang desa. Akan tetapi bukan hanya itu yang ingin dikembangkan pengarang, namun bagaimana perbandingan ini bisa jelas terlihat dari bentuk satir olahraga yang dilakukan masyarakat.
Pada dasarnya secara sosial masyarakat kota banyak memiliki keterbatasan dan dituntut untuk menempati sebuah ruang dalam melakukan berbagai hal. Dalam bekerja misalnya orang kota cendrung bekerja di bilik-bilik atau ruangan perkantoran, sehingga olahragapun dituntut untuk memiliki ruangan pribadi dalam keadaannya.
Berbeda dengan orang desa yang tidak memiliki batasan ruang terhadap segala aktifitasnya. Perbandingan ini jelas terlihat dimana kata “olahraga” pada baris pertama dihubungkan dengan kata “sawah ladang” di baris kedua. Ini menimbulkan sebuah simbiosis mutualisme antara kerja dan olahraga. Dan jika dihubungkan kembali dengan bait pertama pada baris yang sama kata “olahraga dan fitness center”  adalah batasan ruang yang dimiliki orang kota. Keterbatasn orang kota dalam melaksanakan rutinitas seperti dihadirkan dalam satir puiosi yang ceria.
Pada kata ‘ Anjuran ‘ yang merujuk pada masyarakat kota, olahraga merupakan jalan keluar bagi kesehatan yang didapatkan/dilakukan berkat anjuran/nasihat dokter. Sedangkan kata ‘Terlanjur’ yang merujuk pada masyarakat desa, olahraga adalah hal yang pasti mereka lakukan karena pekerjaan mereka menguras fisik atau bentuk lain dari makna olahraga.
Jadi olahraga orang desa disebabkan karena kebutuhan ekonomi yang secara tidak sengaja sudah dilakukannya dengan cara mencangkul di sawah, sedangkan olahraga bagi orang kota adalah sebuah kebutuhan yang memang harus dilakukan secara disengaja misalnya fitnes atau kegiatan olahraga yang lain demi memperoleh fisik yang kuat atau sehat. Maka bersyukurlah bagi orang-orang desa meskipun pekerjaannya di pandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat kota karena pekerjaannya yang kasar, akan tetapi orang desa lebih sehat fisiknya dikarenakan melakukan olahraga setiap hari, dibandingkan dengan orang kota.
Artikel Nilai-Nilai Yang Dapat Digali Untuk Pendidikan Karakter Bagi Siswa Pada Puisi “MBELING” Karya Remy Silado Yang Berjudul “OLAHRAGA”. Reviewed by frank ucup on 11:12:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.