Top Ad unit 728 × 90

PEMBELAJARAN MEMAHAMI JENIS-JENIS PARAGRAF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN



PEMBELAJARAN MEMAHAMI JENIS-JENIS PARAGRAF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN



ABSTRAK
Salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas X SMA adalah mengenai jeni-jenis paragraf. Jenis paragraf merupakan materi pelajaran mengenai  jenis paragraf apa yang telah disusun oleh penulis. Terdapat lima jenis paragraf yaitu narasi,deskripsi,eksposisi,argumentasi,dan persuasi. Dalam makalah ini digambarkan proses pembelajaran jenis paragraf kelas X SMA Negeri 6 Purworejo serta langkah-langkah pembelajaran jenis paragraf dengan pembelajaran yang menyenangkan. Teknik yang digunakan untuk pembelajaran jenis paragraf pada siswa yaitu dengan menggunakan teknik berantai. Dengan teknik tersebut siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajarannya dan teknik ini berpusat pada siswa yang lebih aktif atau bisa dibilang pembelajaran dari siswa ke siswa. Data diperoleh dari hasil tindakan observasi.











A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam materi pembelajaran bahasa yang membahas tentang jenis paragraf,banyak para pengajar atau guru yang mengajarnya hanya dengan cara yang klasik,yaitu dengan cara menerangkan materi tentang jenis paragraf lalu menyuruh siswa untuk membuat jenis-jenis paragraf tersebut sebagai tolok ukur pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru mengenai jenis paragraf. Cara pengajaran tersebut tidak sepenuhnya salah,tetapi dengan cara pengajaran yang seperti itu,siswa cepat merasa bosan dan jenuh,apalagi siswa tidak ikut berperan aktif secara penuh untuk memahami jenis-jenis paragraf yang dipelajarinya.
Dalam menyampaikan materi pelajaran khususnya materi mengenai jenis paragraf, pengajar atau guru diperlukan terobosan-terobosan dalam cara pengajarannya,agar tidak memberikan kesan yang jenuh dan bosan pada siswa. Misalkan saja guru mengajar dengan metode yang berbasis PAIKEM (Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Dengan metode pembelajaran yang seperti itu,maka siswa akan lebih bersemangat lagi untuk belajar khususnya belajar Bahasa Indonesia. 
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimanakah strategi pembelajaran memahami jenis-jenis paragraf pada siswa kelas X SMA NEGERI 6 PURWOREJO dengan pembelajaran yang menyenangkan?

C.    TUJUAN
1.      Mendeskripsikan strategi pembelajaran memahami jenis-jenis paragraf pada siswa kelas X SMA NEGERI 6 PURWOREJO dengan pembelajaran yang menyenangkan.



D.    KAJIAN TEORI

1.     Definisi Paragraf

Sebuah paragraf (dari bahasa Yunani paragraphos, "menulis di samping" atau "tertulis di samping") adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Awal paragraf ditandai dengan masuknya ke baris baru. Terkadang baris pertama dimasukkan; kadang-kadang dimasukkan tanpa memulai baris baru. Dalam beberapa hal awal paragraf telah ditandai oleh pilcrow (¶).
Sebuah paragraf biasanya terdiri dari pikiran, gagasan, atau ide pokok yang dibantu dengan kalimat pendukung. Paragraf non-fiksi biasanya dimulai dengan umum dan bergerak lebih spesifik sehingga dapat memunculkan argumen atau sudut pandang. Setiap paragraf berawal dari apa yang datang sebelumnya dan berhenti untuk dilanjutkan. Paragraf umumnya terdiri dari tiga hingga tujuh kalimat semuanya tergabung dalam pernyataan berparagraf tunggal. Dalam fiksi prosa, contohnya; tapi hal ini umum bila paragraf prosa terjadi di tengah atau di akhir. Sebuah paragraf dapat sependek satu kata atau berhalaman-halaman, dan dapat terdiri dari satu atau banyak kalimat. Ketika dialog dikutip dalam fiksi, paragraf baru digunakan setiap kali orang yang dikutip berganti.
2.      Jenis-jenis Paragraf
a)      Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa. Ciri-cirinya: ada kejadian, ada palaku, dan ada waktu kejadian.
b)      Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek sehingga pembaca seakan bisa melihat, mendengar, atau merasa objek yang digambarkan itu. Objek yang dideskripsikan dapat berupa orang, benda, atau tempat.Ciri-cirinya: ada objek yang digambarkan.
c)      Eksposisi adalah paragraf yang menginformasikan suatu teori, teknik, kiat, atau petunjuk sehingga orang yang membacanya akan bertambah wawasannya. Ciri-cirinya: ada informasi.
d)     Argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan suatu pendapat beserta alasannya. Ciri-cirinya: ada pendapat dan ada alasannya.
e)      Persuasi adalah paragraf yang mengajak, membujuk, atau mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Ciri-cirinya: ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.
E.     PROSES PEMBELAJARAN MEMAHAMI JENIS-JENIS PARAGRAF
Berdasarkan  pengamatan praktik lapangan di SMA Negeri 6 Purworejo mengenai pembelajaran memahami jenis paragraf khususnya kelas X  banyak para pengajar menggunakan metode ceramah dan penugasan. Metode ceramah adalah sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Sedangkan metode penugasan adalah sebuah metode yang menyuruh atau memberikan tugas saja terhadap siswa dan siswa agak lebih aktif tetapi menyebabkan kejenuhan terhadap siswa.
Dengan metode seperti ini kegiatan di kelas, siswa lebih dituntut untuk mendengarkan materi jenis-jenis paragraf. Selama kegiatan pembelajaran siswa hanya diam mendengarkan ceramah yang diberikan guru. Kemudian siswa disuruh untuk membuat sebuah contoh jenis paragraf atau menebak jenis paragraf.
Untuk memberian pembelajaran yang menyenangkan yang membuat siswa lebih bersemangat dan aktif,maka harus disisipi cara pengajaran yang menyenangkan dengan model permainan. Model permainan tersebut dengan memakai teknik berantai yang menggunakan siswa sebagai media untuk pembelajaran. Setiap baris kelompok siswa yang terdiri dari 8 anak per kelompoknya,setiap anak disuruh untuk membuat satu baris kalimat sesuai tema yang sudah ditentukan oleh guru yang dimulai dari depan kemudian ke belakang lalu kembali lagi ke depan dan guru juga harus menentukan waktu yang terbatas. Setelah itu, guru membacakan hasil paragraf yang ditulis oleh setiap kelompok yang kemudian akan ditebak oleh kelompok baris lainnya dan seterusnya. Dari hasil jawaban para siswa tersebut,tidak kemudian dijelaskan benar atau salah tetapi, guru memberikan penjelasan tentang materi jenis-jenis paragraf,dan dengan sendirinya para siswa akan mengetahui jawaban mereka benar atau salah. Tidak hanya dengan itu saja,setelah kegiatan tersebut,guru juga harus memberikan evaluasi terhadap siswa,untuk mengetahui seberapa pahamkah siswa mengenai jenis-jenis paragraf. Jadi dengan metode seperti ini keaktifan dan kekreatifan siswa lebih terasah yang dapat menyenangkan siswa dalam pelajaran. Karena dengan cara pelajaran seperti ini yang bersumber pada siswa akan lebih meningkatkan pemahaman siswa mengenai jenis paragraf. Dari hasil observasi praktik pengalaman lapangan terdapat data dari 32 siswa(setiap kelas) diperoleh hasil 87,5% siswa yang telah memahami jenis paragraf dan 22,5% siswa yang belum memahami jenis paragraf.

F.     STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi merupakan suatu rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (Hasan dkk, 2001:1092). Sementara itu, Pringgawidagda (2002:88) menyatakan bahwa strategi adalah suatu cara, teknik, taktik atau siasat yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Berdasarkan beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi merupakan kegiatan merencanakan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.

Alasan-alasan pendidik memilih Strategi pengajaran, yaitu dengan mempertimbangkan tujuan pengajaran, isi pelajaran, kemampuan pelajar, fasilitas yang tersedia, situasi yang ada, waktu yang tersedia, kekuatan dan kelemahan metode. Agar dalam pembelajaran jenis-jenis paragraf dapat tercapai dengan baik, maka pembelajaran harus menerapkan strategi yang relevan.
Berikut ini disajikan langkah-langkah pembelajaran memahami jenis-jenis paragraf dengan kelas X SMA Negeri 6 Purworejo sebagai berikut:
1.      Tujuan Pembelajaran
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menggunakan kompetensi dasar (kemampuan dasar) dan indikator hasil belajar sebagai ganti tujuan pembelajaran yaitu siswa mampu memahami berbagai jenis-jenis paragraf,dari segi arti dan ciri-ciri masing-masing jenis paragraf.
2.      Bahan Pembelajaran
Jenis-jenis paragraf sebagai bahan ajar memahami jenis paragraf.
3.      Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam pembelajaran memahami jenis-jenis paragraf adalah dengan metode yang menyanangkan yaitu dengan memakai model permainan. Model permainan yang dipakai adalah teknik berantai yaitu dari satu siswa ke siswa lain. Selain itu yang pembelajarannya dari siswa untuk siswa. Jadi siswa akan lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran.
4.      Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Persiapan
Tahap ini merupakan kegiatan yang dilakukan seorang guru sebelum melakukan pembelajaran. Guru harus memahami materi tentang jenis paragrafsecara mendalam. Sehingga dapat memberikan materi secara lancar kepada siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.      Pendahuluan
Tahap ini merupakan tahap awal dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Tahap pendahuluan ini berisi perintah kepada siswa untuk membuat sebuah paragraf. Setiap baris kelompok yang terdiri beberapa anak,setiap anak menulis satu kalimat sesuai tema yang kemudian diteruskan ke siswa lain hingga waktu habis. Kemudian hasil contoh paragraf siswa ditebak oleh kelompok lain.
c.       Inti
Pada tahap inti guru memberikan materi kepada siswa mengenai jenis-jenis paragraf. Dari penyampaian materi ini,siswa yang belum mengetahui jawaban tentang jenis paragraf yang telah dibuat maka akan dengan sendirinya siswa akan mengetahui jenis paragraf yang telah dibuatnya.
d.      Penutup
Tahap ini diisi dengan pemberian evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan pemberian test jawaban singkat mengenai jenis paragraf apa yang disampaikan oleh guru secara lisan. Guru memberikan soal berupa contoh-contoh paragraf yang disesuaikan dengan keadaan sekitar siswa agar lebih menyenangkan.
e.       Sumber dan Media Belajar
Buku paket Bahasa Indonesia kelas X SMA dan Lembar Kerja Siswa kelas X SMA semester I.
f.       Waktu Pembelajaran
Dalam pembelajaran ini, alokasi waktu yang digunakan adalah
2x 45 menit yang dibagi dalam satukali pertemuan.

G.  KESIMPULAN
Demikian telah dibahas mengenai pembelajaran memehami jenis-jenis paragraf siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo menggunakan teknik pembelajaran berantai, agar tercipta suasana kelas yang menyenangkan dan tidak monoton yang terpaku pada buku teks atau guru. Dengan teknik berantai siswa akan lebih senang dan bersemangat untuk belajar, karena teknik ini berpusat pada siswa saat proses pembelajaran berlangsung atau pembelajaran dari siswa ke siswa. Siswa diharapkan bisa berpartisipasi penuh aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, karena guru di sini hanyalah berperan sebagai peranta dan fasilitator.
H.  SARAN
1.         Dengan adanya makalah penelitian ini diharapkan seorang guru mampu membelajarkan materi pelajaran khususnya jenis paragraf dengan lebih menyenangkan yang mampu meningkatkan keaktifan,kekreatifan, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran
2.         Bagi pembaca hendaknya bisa dijadikan referensi sebagai bahan acuan untuk pembelajaran  jenis paragraf yang menyenangkan.










PEMBELAJARAN MEMAHAMI JENIS-JENIS PARAGRAF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Seminar Bahasa
Dosen pengampu : Drs.H. Mohammad Fakhrudin, M.Hum

a ump

                        Disusun oleh :
Nama                        : Rahmat Kartolo
Nim                           : 092110144
Kelas/ Semester        :VII/D


PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
2012
PEMBELAJARAN MEMAHAMI JENIS-JENIS PARAGRAF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN Reviewed by frank ucup on 6:18:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.