Top Ad unit 728 × 90

MAKALAH KEMANDIDRIAN REMAJA




MAKALAH
KEMANDIDRIAN REMAJA

Resume ini disusun dalam rangka memenuhi tugas kelompok dalam mata kuliah Perkembangan Peserta Didik

Dosen :Dra.Umi Hidayati, M.Pd


Di Susun Oleh :
Muhammad Santoso             (092110143)
Panji Pradana                       (092110144)
Rahmat Mustangin               (092110145)

 kelas 2D PBSI

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Tahun 2009/2010






Soal wawancara



1.      Apa kemandirian remaja itu ?
2.      Mengapa kemandirian itu perlu bagi remaja?
3.      Siapa yanag dapat mendorong kemandirian remaja itu?jelaskan
4.      Kapan kemandirian itu di gunakan?
5.      Dimana kemandirian itu diterapkan?
6.      Bagaimana kemandirian itu dikembangkan?



























Remaja

1.Mandiri itu apabila seorang remaja bisa memenuhi kebutuhanya tanpa bantuan orang tua dan orang lain, misalnya menyelesaikan masalah tanpa bantuan orang lain.

2. kemandiriaan itu sangat penting bagi remaja karena remaja suatu saat nanti pasti akan berpisah dengan orang tua , sehingga dia harus memenuhi kebutuhanya sendiri tanpa bantuan orangtua
3. orang tua, sangat penting karena orang tua itu akan memonitori anaknya sehingga kemandirianaya terarah
4.kemandirian di butuhkan baik buruk pada saat dilepaskan orang tua misalnya: kos,mondok dll
5.dimana saja dia tinggal. karena kemandirian itu diperlukan pada saat kita mengalami persoalan dalam kehidupan
6.sejak kecil ..
Misalny kita punya masalah terus memecahkan masalah sendidri tanpa bantuan orang lain
Mencari uang sendiri untuk memenuhi kemaunya sendiri



























Orang tua


1.      Kemandirian remaja adalah berusaha memenuhi kebutuhanya sendidri untuk mencapai yang kita inginkan dan mengatasi permasalahan hidup.
2.       Perlu, karena untuk memenuhi masa depan yang lebih baik, misalnya untuk meningkatkan kreatifitas kita dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Orang tua dan saudara,dengan cara memberi suatu contoh tentang kemandirian yang berguna untuk masa depan dan lingkunagan orang di sekitar kita.
4.      Ya setelah menginjak dewasa.Karena suatu saat nanti kita memerlukan kemandirian itu untuk dri sendiri misalnya saat jauh dari orang tua.
5.      Di tempat tinggal remaja tersebut, karena kemandirian itu diperlukan pada saat itu mengalami persoaalan untuk diselesaikan.
6.      Dengan cara di pupuk dan di tingkatkan usaha kemandirian kebutuhan sendiri dengan bantuan orang lain dan lingkunagn sekitar tempat tinggal remaja.













Guru
1. Kemandirian adalah sesuatu yg kita miliki dimana dalam suatu keaadaan kita harus menyelesekan permasalahan tanpa harus dibantu orang lain
2.Perlu...
  Karena suatu saat nanti kita akan menyelesekan masalah dengan segera dan mendadak pula, dan hanya kita yang tahu, jika kita tidak mandiri kita akan susah untuk menyelesekan masalah itu
3. Yang dapat membantu kemandirian kita adalah, oramg tua, saudara, dan orang-orang di sekitar kita dengan motifasi dan dorongan atau bahkan didikan orang lain itu bisa menjadi kita manidiri
4. Kemandirian itu dibutuhkan sewaktu-waktu apabila kita mendapatkan masalah atau lainnya sementara orang lain tidak bisa membantu dan itu merupakan suatu tanggung jawab
5.Kemandirian di terapkan dalam suatu kehidupan baik lingkunagn keluarga, masyarakat, sekolah dll.Misalnya pada lingkungan masyarakat ikut serta bergotong-royong intuk membersihkan sampah-sampah yang ada di lingkunagn tersebut.
6 Kemandirian itu tumbuh dari diri kita sendiri yang selalu berpikir untuk masa depan dan intuk meraih cita-cita dan ditingkatkan dari berbagai persoaalan kehidupan dan kita selesaikan sendiri.












KESIMPULAN
            Kemandirian adalah sesuatu yang melekat pada diri kita dalam kehidupan yang digunakan untuk kita fungsikan sebagai suatu program untuk mencapai kebutuhan kita sendiri yang berguna untuk masa depan, misalnya pada saat kita menginginkan sesuatu yang ingin kita miliki atau dapat dikuasai tanpa adanya bantuan dari orang lain dengan cara kita menyikapi hal-hal yang sudah lewat untuk menjadikan kitalebih mandiri.
            Kemandirian itu sangat diperlukan oleh seorang remaja untuk menghadapi masa depan yng lebih baik dan bisa merubah sikap seseorang untuk menjasi kebih dewasa dan mandiri, maka diperluknlah kemandirian itu bagi seorang remaja.
            Kemadirian sangat berguna bagi seorang remaja yang menginginkan kita bisa untuk mengatasi suatu persoalan. Kemandirian berawal dari kemauan diri kita sendiri dan dukungan dari orang-orang yang ada disekitar kita dengan cara memotifasi atau bahkan tuntunan dari orang lain itu merupakan sesuatu kemandirian itu bisa muncul dan berkembang sesuai karateristik seorng remj tersebut.
            Kemandirian itu sangat dibutuhkan oleh remaja, di mana saja dan kapan saja dimana remaja itu ada atau tinggal, dalam kehidupansehari-hari itu remaja harus menyelesaikan kebutuhannya sehari-hari sendiri tanpa bantuan orang lain, misalnya mencuci pakaiannya sendiri, mengerjakn tugas-tugas, membantu orang tua dll.
            Kemandirian diterapkan pada seseorang remaja dalam kehidupan sehari-harinya untuk bisa berguna menyelesaikan persoalan-persoalan dalam kehidupan seorang remaja, karena apabila kita mandiri pasti semua orang berpandagan psitif terhadap bagi remaja dan menjadikan kita selau berpikir optimis untuk menyeesaikan persoalan-persoaalan dalam kehidupan sehari-hari.
            Kemandirian itu tumbuh karena dimulai dari motifasi diri sendiri yang ingin selalu maju dan bisa menyelesaikan suatu permasalahan dan katakan pada diri kita bahwa "Diri kita bisa" dan pantang menyerah saat menemukan persoalan dan menggali potensi diri dan menjadikannya sebuah prestasi sehingga menumbuhkan rasa percaya diri dan kita bisa mandiri jika kita bisa percayadiri.
MAKALAH KEMANDIDRIAN REMAJA Reviewed by frank ucup on 11:33:00 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.