Top Ad unit 728 × 90

PANJI'S RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas akhir semester mata kuliah micro theaching
Dosen Pembimbing: Chafit Ulya. M.Pd
Disusun oleh:
Nama         :           Panji Pradana
NIM          :           092110144    
Semester    :           V D

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH                             :           SMA
TAHUN PELAJARAN         :           2010 / 2011
KELAS/SEMESATER          :           XI / 1
MATA PELAJARAN            :           Bahasa Indonesia
 STANDAR KOMPETENSI :           6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama
KOMPETENSI DASAR        :          6.2 Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh               protagonis dan atau antagois
INDIKATOR                          :          1). Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
                                                            2). Menjelaskan watak-watak tokoh yang akan diperankan
                                                            3). Mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh protagonist, antagonis, tirtagonis
                                                            4). Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang akan disampaikan teman
ALOKASI WAKTU               :          2 x 4O


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Mejelaskan watak tokoh yang akan diperankan yaitu antagonis dan protagnis, mengekspresikan perilaku dan dialog tokoh dalam drama.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
ü  Penghayatan watak tokoh
ü  Tokoh protaganis
ü  Tokoh antagonis

C.     METODE PEMBELAJARAN
ü  Ujuk kerja
ü  Format pengamatan

D.LAGKAH-LANGKAHKEGIATAN PEMBELAJARAN
a.       Pendahuluan
·         Salam / doa
·         Guru mengabsensi siwa
·         Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
·         Mengajukan pertanyaan dengan materi yang akan dipelajari
·         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
·         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan dengan silabus
b.      Kegiatan inti
1)       EKSPLORASI
·         Guru melibatkan siswa membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
·         Guru memakai alat / media pembelajaran berupa naskah drama yang akan diperakan
·         Guru memfasilitasi siswa untuk saling berdiskusi tentang pengekspresian perilaku dan dialog tokoh baik protagonis, antagonis atau tirtagonis
2)       ELABORASI
·         Membiasakan siswa unruk saling berdiskusi tentang teks drama dan cara peranannya
·         Memfasilitasi siswa melalui berbagai tugas seperti menjelaskan watak tokoh yang akan diperankan
·         Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil pembelajaran naskah drama baik individual atau kelompok
·         Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan diskusi pengekspresian perilaku dan dialog yang akan disampaikan teman
PANJI'S RPP Reviewed by frank ucup on 3:48:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.