Top Ad unit 728 × 90

panduan penyusunan RPP


 
PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I.     Pendahuluan
Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapanganuntuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. 

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

II.    Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mencantumkan identitas
·        Nama sekolah
·        Mata Pelajaran
·        Kelas/Semester
·        Alokasi Waktu

Catatan:
Ø  RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
Ø  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
Ø  Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

A.    Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
1.      urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
2.      keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.      keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

B.     Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.      Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
2.      Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.      Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran

C.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

D.    Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

E.     Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
1.      Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
2.      Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
3.      Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
 
G.    Sumber Belajar
Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

H.    Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             : ..................................
Mata Pelajaran                : ...................................
Kelas/Semester                : ...................................
Alokasi Waktu                 : ...................................

A.    Standar Kompetensi
B.     Kompetensi Dasar
C.  Tujuan Pembelajaran:
D.  Materi Pembelajaran   
E.  Model/Metode Pembelajaran 
F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal            :
-   
                        -   
2.      Kegiatan Inti   :
                        -   
                        -
3.      Kegiatan Akhir :
                        -
-    
G.  SumberBelajar           
H.  Penilaian                     

Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen/ Soal










                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala ………………………




(_______________________)
NIP :

…….……..,…………………20…….
Guru Mata Pelajaran.




(_______________________)
NIP :



Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAANAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah    
:
MTS-SA PP. AL FALAH                 
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII (delapan)/ 1
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A.    Standar Kompetensi
:
1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan
B.     Kompetensi Dasar
:
1.1. Menganalisis laporan
C.     Tujuan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama:
Peserta didik dapat menganalisis laporan
2.      Pertemuan Kedua:
a)      Peserta didik dapat menyimpulkan pokok-pokok laporan
b)      Peserta didik dapat mengenali laporan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya (Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
D.     Materi Pembelajaran
        Contoh teks laporan perjalanan
1.      Daftar kosa kata
2.      Gambar  lokasi / peta

E.     Metode Pembelajaran
1.      Diskusi
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan

F.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
        Pertemuan Pertama
1.      Kegiatan Awal
Apersepsi :
a.       Peserta didik menentukan kalimat utama dan kalimat penunjang yang diperdengarkan
b.      Peserta didik memilih kosa kata yang berkenaan dengan perjalanan
Motivasi :
Menuliskan pokok-pokok laporan perjalanan dengan kalimat yang singkat
2.      Kegiatan Inti
              Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
b.      melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
c.       menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
d.      memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
e.       melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
f.       memfasilitasi peserta didik  dapat menganalisis laporan

                Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.    memfasilitasi Peserta didik mendengarkan laporan perjalanan dari seorang teman yang ditunjuk
b.   memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.    memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d.   memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e.    memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g.    memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
h.   memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

                Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.    memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.   memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.    memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.   memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
1)      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
2)      membantu menyelesaikan masalah;
3)      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
4)      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
5)      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
e.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
f.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.      Kegiatan Akhir
     Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

      Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Awal
Apersepsi :
a.       Peserta didik dan guru bertanya jawab
b.      Peserta didik menyimpulkan pokok-pokok laporan
Motivasi :
Menunjukkan bagian-bagian yang harus ditulis dalam laporan

2.      Kegiatan Inti
              Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara, lafal, intonasi, gestur dan mimik yang tepat
b.      melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
c.       menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
d.      memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
e.       melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
f.       memfasilitasi peserta didik  menganalisis laporan

              Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       memfasilitasi Peserta didik  mengenali lporan perjalanan : Berdasrkan urutan tempat, urutan kegiatan, dan urutan   waktu.
b.      memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c.       memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d.      memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e.       memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
f.       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g.       memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
h.      memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

              Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.       memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c.       memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.      memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
1)      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
2)      membantu menyelesaikan masalah;
3)      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
4)      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
5)      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
e.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
f.       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.      Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.       bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b.      melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.      merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.       Dengan bimbingan guru, peserta didik diminta membuat laporan.

G.    Sumber Belajar
1.      Gambar
2.      Teks perjalanan
3.      VCD
4.      Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang didengarkan dengan kalimat singkat
·    Mampu menganalisis pola urutan waktu, ruang, atau topik dalam laporan yang didengarkan.

Tes lisan


Tes tulis

Dafttar pertanyaan

Uraian

§ Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!


      1. Tentukan 2 kalimat utama dan kalimat penunjang dari teks perjalanan di atas !
          Pedoman Penskoran :
     
Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis 2 contoh kalimat
2
Peserta didik menulis 1 contoh kalimat
1
Peserta didik tidak menulis
0

      2. Tulislah 3 pokok – pokok laporan perjalanan tersebut !
          Pedoman penskoran
Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis 3 pokok – pokok laporan
3
Peserta didik tidak dapat menuslikan apa-apa
0

      3. Tulislah 5 hal – hal menarik dari teks perjalanan di atas :
                Kegiatan
Skor
Peserta didik menulis 5 contoh
5
Peserta didik menulis 4 contoh
4
Peserta didik menulis 3 contoh
3
Peserta didik menulis 2 contoh
2
Peserta didik menulis 1 contoh
1
Peserta didik tidak menulis
0

Skor maksimum
No 1 : 2
No 2 : 3
No 3 : 5
Jumlah: 10

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Perolehan skor
Nilai Akhir :                                         x skor ideal (100) = ..........
Skor maksimum ( 10 )

Mengetahui,
Kepala MTs SA-PP AL FALAH


Sri Setyo, SH, S.PdI, MSI

Gedongan, 20 Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia.


(……………………….)

panduan penyusunan RPP Reviewed by frank ucup on 2:02:00 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by makna istilah © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.